Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Gelombang Protes Belum Juga Reda, China Ganti Kepala Kantor Penghubung Hong Kong

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 05 Januari 2020, 07:49 WIB
Gelombang Protes Belum Juga Reda, China Ganti Kepala Kantor Penghubung Hong Kong
Gelombang protes di Hong Kong/Net
China mengganti utusan utamanya untuk Hong Kong akhir pekan ini. Pergantian itu dilakukan di tengah gelombang unjuk rasa yang belum juga usai di wilayah otonomi khusus itu sejak sekitar tujuh bulan lalu.

Utusan China sebelumnya adalah Wang Zhimin. Dia merupakan kepala kantor penghubung China di Hong Kong. Dia diberhetinkan dan digantikan oleh Luo Huining

"Wang Zhimin telah diberhentikan dari jabatannya sebagai kepala kantor penghubung," begitu kabar yang dirilis penyiar negara CCTV.
Diketahui bahwa komunikasi antara China dan Hong Kong dilakukan melalui kantor penghubung tersebut.

Wang telah duduk di kursi jabatan tersebut sejak tahun 2017. Pemecatannya membuatnya menjadi direktur kantor penghubung China di Hong Kong yang paling pendek sejak tahun 1997.

Kepala baru kantor penghubung China di Hong Kong adalah Luo Huining. Dia dipindahkan dari posisinya sebagai sekretaris Komite Provinsi Shanxi dari Partai Komunis China.

Langkah ini dilakukan ketika protes mengguncang Hong Kong dalam pertunjukan sentimen anti-Beijing selama berbulan-bulan.

Kantor berita Reuters melaporkan bahwa Beijing sedang mempertimbangkan penggantian potensial untuk Wang sebagai tanda ketidakpuasan dengan penanganan kantor penghubung krisis.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA