Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemblokiran Picu Dua Parlemen Yang Berebut Legitimasi Di Venezuela

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 06 Januari 2020, 07:24 WIB
Pemblokiran Picu Dua Parlemen Yang Berebut Legitimasi Di Venezuela
Pemimpin oposisi Juan Guaido/Reuters
rmol news logo Pemerintah Venezuela mengerahkan pasukan untuk memblokir akses masuk ke parlemen yang dikuasai oleh oposisi akhir pekan kemarin (Minggu, 5/1).

Hal itu dilakukan untuk memblokir anggota parlemen untuk masuk dan menggelar pemilihan kembali pemimpin oposisi Juan Guaido sebagai ketua Kongres.

Pemblokiran itu sekaligus bisa membantu Presiden Venezuela Nicolas Maduro untuk menempatkan legislator sosialis, Luis Parra sebagai ketua kongres baru dan menggeser Guaido yang "ditunggangi" oleh kepentingan Amerika Serikat.

Legislator yang berusaha mendekati kongres akhir pekan kemarin mengaku harus melewati lima pos pemeriksaan berurutan polisi dan pasukan Garda Nasional.

Dikabarkan Reuters, legislator Partai Sosialis pada sore hari mengambil kendali atas sesi itu dan menunjuk Parra sebagai ketua Kongres baru.

Sementara itu para pemimpin oposisi mengatakan bahwa para legislator akan memilih kembali Guaido dalam sesi legislatif terpisah di markas sebuah surat kabar lokal.

Hal ini akan berpotensi membuka jalan bagi dua parlemen Venezuela yang terpisah dengan klaim persaingan untuk legitimasi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA