Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tenggelam Dengan Kematian Soleimani, Ke Manakah Kim Jong Un?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 06 Januari 2020, 11:00 WIB
Tenggelam Dengan Kematian Soleimani, Ke Manakah Kim Jong Un?
Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un/Net
rmol news logo Sebelum insiden serangan drone yang menewaskan Jenderal Qassem Soleimani, pandangan dunia tertuju pada ancaman "hadiah Natal" Korea Utara untuk Amerika Serikat (AS).

Akan tetapi, hingga Senin (6/1), atau hampir sepekan dari tenggat waktu akhir tahun yang dibicarakan oleh Korea Utara berlalu, kabar rencana Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un seakan-akan ditelan bumi.

Adapun dalam pertemuan Komite Partai Buruh, Kim mengancam untuk membatalkan moratorium uji coba nuklir dan rudal, serta bersumpah untuk menghadapi AS sampai negara itu mengevaluasi kembali kebijakannya.

Kabar paling akhir, Kim tengah melakukan rapat pleno dengan Komite Pusat Partai Buruh yang berakhir pada Selasa (31/12). Setelah itu, media pemerintah melaporkan pada pekan lalu Kim memberikan penghormatan Tahun Baru di Istana Matahari Kumsusan di Pyongyang serta berziarah ke makam pendiri rezim Kim Il-sung dan Kim Jong-il.

Ketidakmunculan Kim kemudian memunculkan spekulasi. Pasalnya "menghilang"nya Kim bertepatan setelah perintah Presiden AS Donald Trump untuk membunuh Komandan Pasukan Quds, Jenderal Soleimani dengan drone MQ-9 Reaper.

Apalagi, hal yang sama juga terjadi kepada ayah Kim, Kim Jong-il. Ketika invasi AS ke Afganistan pada 2001 dan Irak pada 2003, ia menghilang dari pandangan publik selama satu hingga 2 bulan seperti dimuat Chonsun Ilbo.

Belum ada komentar resmi dari pihak Pyongyang mengenai hal ini. Namun, spekulasi yang muncul adalah Korea Utara lega karena Trump telah mengubah arah agresinya ke Iran.

Kendati demikian, Kepala Subkomite Asia Pasifik Ami Bera mengatakan AS justru tengah mempertimbangkan sanksi tambahan untuk Korea Utara jika Pyongyang melanjutkan uji coba rudal dan nuklirnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA