Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menangkan Pemilu Presiden Kroasia, Zoran Milanovic: Saya Tidak Akan Buat Perpecahan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 06 Januari 2020, 11:54 WIB
Menangkan Pemilu Presiden Kroasia, Zoran Milanovic: Saya Tidak Akan Buat Perpecahan
Mantan Perdana Menteri Zoran Milanovic dan istrinya/Net
rmol news logo Setelah pernah menduduki kursi Perdana Menteri, kali ini Zoran Milanovic berhasil memenangkan posisi baru: Presiden Kroasia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Minggu (5/1), dalam putaran kedua atau terakhir dalam pemilihan presiden, Milanovic yang berasal dari Partai Sosial Demokrat (SDP) berhasil mendapatkan 52,7 persen suara. Sementara rival utamanya yang merupakan petahana dari Demokratik Kroasia Bersatu (HDZ), Kolinda Grabar-Kitarovic hanya meraih 47,3 persen.

Milanovic merupakan politikus sayap kiri ini sebelumnya menjabat PM Kroasia pada 2011 hingga 2015. Dalam kampanyenya kali ini, ia berjanji untuk memerangi korupsi yang menurutnya sudah meningkat sejak ia turun dari jabatan PM.

Kendati demikian, perlu diketahui, peran presiden di Kroasia sebagian besar hanya bersifat seremonial. Kepala negara tidak dapat memveto undang-undang, namun tetap memiliki suara dalam kebijakan luar negeri, pertahanan, dan masalah keamanan.

Dalam pemilu putaran pertama pada dua pekan lalu, Milanovic berhasil mengalahkan 11 kandidat lain dengan 29,6 persen suara. Sedangkan Grabar-Kitarovic hanya mendapatkan 26,7 persen.

"Bagi saya (mulai sekarang) masing-masing pihak pada tingkat formal akan sama. Saya akan bekerja sama dengan semua orang yang memiliki kekuatan eksekutif. Saya tidak akan membuat perpecahan di antara warga Kroasia," ujar Milanovic saat memberikan pidato kemenangannya seperti dimuat Reuters. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA