Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kim Jong-un Ulang Tahun, Trump Titipkan Pesan Lewat Utusan Korsel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 10 Januari 2020, 18:52 WIB
Kim Jong-un Ulang Tahun, Trump Titipkan Pesan Lewat Utusan Korsel
Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyalami Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un/Net
rmol news logo Hubungan antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un selalu menarik untuk dibahas.

Kedua pemimpin negara yang tengah bersitegang ini tampaknya memiliki hubungan tarik-ulur. Dalam beberapa kesempatan, keduanya terlihat begitu akrab.

Seperti halnya ketika Trump yang diketahui menitipkan ucapan selamat ulang tahun untuk Kim melalui Penasihat Keamanan Nasional Korea Selatan Chung Eui-Yong di Washington, Amerika Serikat, Jumat (10/1).

"Kami bertemu, hari ini adalah ulang tahun Kim Jong Un dan Presiden Trump ingat ini. (Trump) meminta saya untuk menyampaikan pesan," ujar Chung seperti dimuat Reuters.

Ulang tahun Kim sendiri diyakini jatuh pada Rabu (8/1) lalu. Tanggal tersebut belum pasti karena tidak dikonfirmasi oleh pihak Korea Utara mengingat pemerintahannya yang tertutup.

Sementara itu, menurut pemerintah AS, Kim lahir pada 1984. Artinya, tahun ini dia berusia 36 tahun.

Tidak jelas mengapa Trump menitipkan ucapannya kepada perwakilan Korea Selatan. Tidak jelas juga bentuk ucapan yang dititipkan kepada Chung seperti apa, mengingat hubungan kedua Korea ini masih panas.

Namun, Korea Selatan seperti dikatakan oleh Presiden Moon Jae-in, ingin meningkatkan hubungan dengan Korea Utara. Moon bahkan mengatakan siap untuk bertemu dengan Kim. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA