Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jamaah Tabligh Bishwa Ijtima Di Bangladesh, Terbesar Kedua Setelah Ibadah Haji Mekah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 11 Januari 2020, 17:56 WIB
Jamaah Tabligh Bishwa Ijtima Di Bangladesh, Terbesar Kedua Setelah Ibadah Haji Mekah
Jamaah Tabligh Bishwa Ijtima’ di tepi Sungai Turag di Tongi, dibanjiri umat dalam dan luar negeri/Net
rmol news logo Pertemuan tahunan terbesar komunitas Jamaah Tabligh yang disebut Bishwa Ijtima’ di tepi Sungai Turag di Tongi, Dhaka, Bangladesh, dibanjiri ribuan manusia dari dalam dan luar negeri. Pertemuan dihadiri jutaan Jamaah Tabligh dan diklaim sebagai pertemuan tahunan terbesar kedua setelah ibadah haji di Makkah.

Tahun ini, fase pertama dari Bishwa Ijtima’ ke-57 berlangsung dari 10 Januari hingga 12 Januari. Fase kedua akan berlangsung dari 17 Januari hingga 19 Januari.

Pertemuan yang berlangsung tiga hari  ini meliputi penyampaian khotbah, doa untuk umat Islam, dan pembacaan Alquran dan Hadits.

Doa akbar dalam pertemuan di Tongi akan diadakan pada hari Ahad, guna mencari keberkahan dan kesejahteraan semua umat manusia.

Komisaris Polisi Gazipur Anowar Hossain memastikan keamanan selama program dengan menggunakan sistem keamanan berlapis-lapis. Batalion Reaksi Cepat (RAB), Penjaga Perbatasan Bangladesh (BGB) dan Ansar dan badan intelijen berseragam dan tak berseragam telah dikerahkan di daerah itu.

Lebih dari 400 kamera di 20 titik, 25 menara pengawas, dan 11 pos pemeriksaan telah disiapkan untuk memantau.

Menteri Dalam Negeri Bangladesh Asaduzzaman Khan Kamal mengatakan bahwa langkah-langkah keamanan yang ketat telah diambil sebelum Bishwa Ijtima’.

“Para jamaah telah mulai datang ke Ijtema dari seluruh dunia. Sejumlah besar jamaah dari 27 negara tinggal di sana. Ini masalah prestise bagi Bangladesh, jadi kami memiliki tantangan keamanan di sini,” katanya.

Bishwa Ijtima’ telah berlangsung di tepi sungai Turag di Tongi dekat Dhaka sejak 1967. Pada tahun 2011, acara dibagi menjadi dua fase untuk memastikan manajemen yang lebih baik.

Bishwa Ijtima’ menarik jamaah Muslim dari 150 negara. Pada 2010, skitar 5 juta orang diperkirakan mengambil bagian acara Bishwa Ijtima’. Ini adalah pertemuan yang berfokus pada doa dan kajian dan tidak mendiskusikan masalah politik, yang biasanya banyak ditakuti para penguasa dunia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA