Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Kecam AS Gara-Gara Beri Selamat Untuk Presiden Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 13 Januari 2020, 15:22 WIB
China Kecam AS Gara-Gara Beri Selamat Untuk Presiden Taiwan
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen/Net
rmol news logo China mengecam tindakan Amerika Serikat dan negara-negara lain yang telah memberikan ucapan selamat atas kemenangan Tsai Ing-wen sebagai Presiden Taiwan dua periode.

Dikatakan jurubicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang, tindakan tersebut telah melanggar kebijakan dan prinsip "One China" yang diakui secara internasional.

"China menyatakan ketidakpuasannya dan penentangan yang kuat terhadap (pesan ucapan selamat)," ujar Geng dilansir Press TV, Minggu (12/1).

Pernyataan Geng sendiri sebagai reaksi dari ucapan selamat yang disampaikan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo kepada Tsai. Tsai dari Partai Progresif Demokratik yang pro kemerdekaan berhasil mengalahkan Han Kuo-yu dari Partai Kuomintang dalam pemilihan dengan perolehan 57 persen suara.

“Diharapkan bahwa negara-negara yang bersangkutan dengan sungguh-sungguh akan mematuhi prinsip 'One China'," lanjutnya.

Geng juga menyerukan agar negara-negara tersebut tidak mengembangkan hubungan resmi apapun. Bahkan mengecam untuk tidak mengirim sinyal yang salah ke Taiwan.

Di samping itu, media pemerintah China meragukan legitimasi kampanye Tsai dengan menuduhnya menggunakan taktik kotor untuk mendapatkan suara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA