Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Brasil Akan Eksplorasi Amazon, Suku-suku Pribumi Brasil Berkumpul Siapkan Penolakan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 15 Januari 2020, 13:25 WIB
Pemerintah Brasil Akan Eksplorasi Amazon, Suku-suku Pribumi Brasil Berkumpul Siapkan Penolakan
Suku pribumi Brasil tolak rencana Pemerintah Brasil/Net
rmol news logo Para pemimpin suku pribumi Brasil melakukan pertemuan di Amazon. Agenda pertemuan membahas rencana Presiden Jair Bolsonaro untuk membuka pertambangan dan pertanian komersial di wilayah mereka.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Memakai pakaian adat lengkap dengan atributnya, para pemimpin berbagai suku di Brasil berkumpul di sebuah desa dekat sungai Xingu, Brasil bagian utara selama empat hari, sejak Selasa (14/1). Pertemuan dipandu oleh Kepala Suku Kayapó, Raoni Metuktire.

Pertemuan tersebut adalah untuk membahas penolakan rencana Bolsonaro untuk membuka reservasi bagi suku pribumi Brasil, sementara "rumah" asalnya akan digusur menjadi area pertambangan dan pertanian.

"Kekayaan yang dibicarakan oleh Bolsonaro adalah kekayaan orang kulit putih, untuk membeli mobil, pesawat, dan peternakan. Kekayaan kami ada di hutan dan sungai di sini," ujar Kepala Suku Kayapó Megaron Txucarramãe kepada Reuters.  
"Pertemuan ini untuk menyusun strategi guna melindungi Amazon dari ancaman, kritik, dan kehancuran yang disebabkan oleh pemerintahan Bolsonaro," imbuh Kepala Articulation of the Indigenous Peoples of Brazil (APIB), Sonia Guajajara.

Dilaporkan surat kabar setempat, O Globo, pemerintahan Bolsonaro telah membuat Rancangan Undang-Undang (RUU) pembukaan lahan. Dalam draf tersebut memuat soal rencana pembuatan eksplorasi minyak dan gas, pembangunan bendungan hidroelekik, dan pertanian untuk tanaman rekayasa genetik.

Nantinya, pemerintah akan mengkonsultasikan RUU tersebut dengan para suku pribumi. Namun, sesuai konstitusi, mereka tidak memiliki kewenangan untuk memveto proposal yang diajukan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA