Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menang Pemilu, Tsai Ing Wen Minta China Tinjau Kembali Kebijakan ‘One China’

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 15 Januari 2020, 13:56 WIB
Menang Pemilu, Tsai Ing Wen Minta China Tinjau Kembali Kebijakan ‘One China’
Presiden Taiwan Tsai Ing Wen/Net
rmol news logo Kemenangan yang diperoleh petahana Presiden Taiwan Tsai Ing Wen untuk mempertahankan posisinya membuat wanita 63 tahun tersebut semakin berani.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Empat hari setelah pemilihan, Rabu (15/1), Tsai mendesak China untuk meninjau kembali kebijakan "One China" terhadap Taiwan. Tidak dijelaskan secara rinci tinjauan yang dimaksud, namun desakan itu adalah sebuah teguran yang kuat yang pernah diberikan Tsai.

"Kami berhadap China dapat memahami pendapat yang diungkapkan oleh orang-orang Taiwan (yang terbukti) dalam pemilihan ini dan meninjau kembali kebijakan mereka sekarang," ujar Tsai seperti yang dikutip oleh Al Jazeera.

Menanggapi desakan Tsai, jurubicara Kantor Urusan Kabinet Taiwan, Ma Xiaoguang mengatakan Beijing tidak akan mengubah kebijakannya untuk mengambil kendali Taiwan melalui kerangka "one country, two systems". Hal ini pun sesuai dengan Konsensus 92 yang telah disepakati.

"Kami tidak memasukkan diri kami ke dalam atau mengkritik pemilihan Taiwan. Pemilihan daerah Taiwan ini tidak dapat mengubah status Taiwan sebagai bagian dari China," ujar Ma yang menyebut pemilihan kemarin hanyalah pemilihan "daerah".

Hasil pemilihan presiden pada Sabtu (11/1) sendiri menyatakan Tsai menang dengan perolehan suara 57 persen, mengalahkan rivalnya dari Partai Kuomintang, Han Kuo Yu.

Atas kemenangan Tsai, Beijing menuding pemilihan tersebut adalah hasil campur tangan Barat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA