Di China, Deplu AS Wanti-Wanti Warganya Soal Wabah Pneumonia

Rabu, 15 Januari 2020, 19:14 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

Ilustrasi/Net

Wabah pneumonia di Wuhan, China semakin meresahkan. Setelah Kedutaan Besar Republik Indonesia di Beijing mengimbau Warga Negara Indonesia (WNI) untuk berhati-hati, kali ini Departemen Luar Negeri Amerika Serikat juga melakukan hal serupa.

Merujuk pada peringatan yang diberikan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, Deplu mendesak warganya di China untuk tidak melakukan kunjungan ke Wuhan.

Deplu AS juga meminta warganya menghindari beberapa hal, seperti kontak dengan hewan, melarang pergi ke pasar makanan laut, dan menghindari makan daging mentah.

Dikutip Reuters, warga AS diminta segera pergi ke fasilitas kesehatan jika setelah mengunjungi Wuhan merasa tidak sehat.

Hingga kini, pneumonia telah menelan satu korban jiwa. Mencegah jatuhnya korban lebih banyak, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga melakukan kerja sama dengan otoritas China.

Dari hasil penelitian, belum ada indikasi pasti penyakit tersebut dapat menular. Namun dari 41 orang yang terjangkit, dua di antaranya adalah pasangan. Di mana sang suami sakit usai bekerja di sebuah pasar makanan laut.

Kekhawatiran dengan wabah ini semakin besar mengingat wabah terjadi menjelang Tahun Baru Imlek. Di mana 1,4 miliar orang China biasanya mudik atau berlibur ke luar negeri.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Karya | Puisi Hari Ini

Rabu, 15 Januari 2020
Video

Awal Tahun, Tiga Pengedar Narkoba Berhasil Dibekuk

Rabu, 15 Januari 2020
Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Budaya | Puisi Hari Ini

Kamis, 16 Januari 2020