Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Aktivitas Gunung Api Taal Di Filipina Mulai Reda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 16 Januari 2020, 16:22 WIB
Aktivitas Gunung Api Taal Di Filipina Mulai Reda
Gunung api Taal di Filipina/Net
rmol news logo Gunung api Taal di Filipina menunjukan penurunan aktifitas yang terpantau dari kepulan asap yang mulai mereda pada Kamis (16/1).

Meskipun aktivitas gunung mulai mereda, badan seismologi menyatakan bahwa erupsi gunung tinggi dan wilayah sekitar gunung masih berbahaya.

Dikabarkan Ejin Sight, masyarakat mulai mengambil kesempatan untuk kembali ke tempat tinggal. Walaupun masih ada tanda bahaya meski jarak rumah penduduk  14 kilometer dari gunung.

"Kami sedang menganalisa apa yang dimaksud dengan aktivitas gunung yang mulai reda" tutur Kepala Spesialis Riset Sains di Institut Volkalonogi dan Seismologi Filipina, Maria Antonia Bornas.

Institut volkanologi juga menyatakan aktifitas gunung bekurang menjadi lebih lemah. Meskipun begitu, terjadi lebih dari 100 kali gempa tremor sejak Rabu (15/1) yang berarti magma masih naik.

Lebih dari 53.000 rumah ditinggalkan dan masyarakat berpindah ke tempat evakuasi.

Sementara, ribuan masyarakat lainnya menolak dievakuasi dan memilih kembali untuk mengecek hewan dan benda-benda miliknya.

Meskipun tinggi Gunung Taal hanya 311 meter, tetapi satu erupsi yang terjadi pada 1911 mengakibatkan 1.300 orang tewas. 03AHD rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA