Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Raja Mohammed VI Ingin Lestarikan Budaya Yahudi-Maroko

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 16 Januari 2020, 19:44 WIB
Raja Mohammed VI Ingin Lestarikan Budaya Yahudi-Maroko
Raja Maroko, Mohammed VI saat kunjungi Bayt Dakira/MAP
rmol news logo Yang Mulia Raja Mohammed VI melakukan kunjungan ke Bayt Dakira di kota tua medina Essaouira pada Rabu (15/1).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Bayt Dakira adalah sebuah tempat spiritual dan patrimonial untuk orang Yahudi-Maroko. Tempat ini unik jika dibandingkan dengan tempat-tempat sejenisnya di Mediterania bagian selatan dan di tanah Islam.

Bayt Dakira sendiri dikatakan sebagai rumah secara sejarah, budaya, dan spiritual. Bayt Dakira sebelumnya adalah Sinagog 'Slat Attia" yang telah direnovasi. Di dalamnya menyimpan memori dan sejarah mengenai Yudaisme dan Islam.

Dengan kunjungan ini, Raja Mohammed VI menunjukkan keinginannya untuk terus melestarikan sejarah dan warisan budaya dari komunitas Yahudi-Maroko secara autentik.

Ada pun dalam kunjungan ini, Raja Mohammed VI disambut oleh Presiden Asosiasi Essaouira-Mogador, André Azoulay, anggota Komite Ilmiah "Bayt Dakira" dan staf Asosiasi Essaouira-Mogador. Dalam kesempatan itu, André Azoulay menunjukkan dua kitab suci, Alquran dan Taurat.

Sebelum masuk ke aula tempat doa dari Slat Attia, Raja Mohammed VI disambut oleh Kepala Rabi Casablanca, Joseph Israel, dan Kepala Rabi David Pinto. Raja Mohammed VI juga sempat diberikan doa oleh Kepala Rabi Joseph Israel.

"Maroko telah mampu melindungi keragaman yang sangat besar yang merupakan kekayaan utama negara kita," ujar Azoulay di depan Raja Mohammed VI.

"Rumah ini adalah rumah kenangan dan sejarah. Ini juga merupakan kompas yang Maroko dan dunia butuhkan saat ini di bawah kepemimpinan Yang Mulia Raja," tambahnya.

Di akhir kunjungan tersebut, kepergian Raja Mohammed VI diantar oleh 27 tokoh dari komunitas Yahudi-Maroko dan Yahudi di dunia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA