Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Para Tetua Suku Kecam Proyek 'Genosida' Pemerintah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 19 Januari 2020, 14:01 WIB
Para Tetua Suku Kecam Proyek 'Genosida' Pemerintah
Suku asli Brazil/Net
rmol news logo Para pemimpin suku asli Brazil mengeluarkan seruan untuk melindungi hutan hujan Amazon dari rencana proyek pembukaan lahan Presiden Jair Bolsonaro. Bagi mereka, proyek tersebut adalah sebuah “genosida, etnosida, dan ekosida".

Seruan tersebut tertulis dalam sebuah manifesto yang ditandatangani oleh tetua suku pada Jumat (17/1) setelah melakukan pertemuan selama empat hari di desa Piaracu, Xingu, Brazil.

"Pemerintah menyerang kami dan ingin merebut tanah kami," bunyi dokumen tersebut seperti dimuat Reuters, Minggu (19/1).

"Kami tidak menerima penambangan, agribisnis, dan penyewaan tanah kami, atau pembalakan, penangkapan ikan ilegal, bendungan pembangkit listrik, atau yang lain yang akan berdampak pada kami secara langsung dan tidak dapat dibatalkan," lanjut dokumen tersebut.

Pertemuan sendiri dipimpin oleh Kepala Suku Kayapo, Raoni Metuktire yang berusia 90 tahun. Metuktire juga dikenal sebagai jurubicara kampanye lingkungan pada 1980-an.

Suku-suku mengatakan Brazil di bawah Bolsonaro telah gagal memenuhi kewajiban konstitusionalnya untuk melindungi tanah adat dan lingkungan sekitarnya dengan menghentikan aktivitas ilegal. 

Mereka juga menganggap pemerintah telah bertanggung jawab atas polusi udara, tanah dan sungai karena penggunaan bahan kimia yang tidak terkendali di pertanian yang berdekatan dengan tempat tinggal mereka. 

"Pertemuan kami dengan Kepala Raoni bertujuan untuk datang bersama dan mengecam bahwa sebuah proyek politik oleh pemerintah Brasil tentang genosida, etnosida, dan ekosida sedang berlangsung," tambah dokumen tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA