Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Raja Mohammed VI Bahas Libya Dengan Presiden Macron Pada Malam KTT Berlin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 20 Januari 2020, 21:47 WIB
Raja Mohammed VI Bahas Libya Dengan Presiden Macron Pada Malam KTT Berlin
Raja Maroko, Raja Mohammed VI/Net
rmol news logo Raja Maroko, Mohammed VI berdiskusi soal krisis Libya dengan Presiden Perancis Emmanuel Macron pada malam pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi Berlin mengenai Libya akhir pekan kemarin. Diskusi itu berlangsung melalui sambungan telepon.

"Yang Mulia Raja Mohammed VI, menerima panggilan telepon hari ini dari presiden Republik Prancis, Yang Mulia Emmanuel Macron," begitu keterangan resmi yang dirilis oleh pemerintah Maroko, seperti keterangan yang diterima redaksi.

Pembicaraan itu difokuskan terutama pada krisis Libya. Dalam kesempatan tersebut, Raja Mohammed VI menekankan peran penting Maroko dan upaya yang diakui selama bertahun-tahun untuk menyelesaikan krisis di negara tersebut,

Diketahui bahwa KTT Berlin dihadiri oleh sejumlah pemimpin negara, seperti Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dan Presiden Prancis Emmanuel Macron, juga termasuk tuan rumah Kanselir Jerman Angela Merkel.

Mereka berkomitmen mengakhiri campur tangan asing dalam perang Libya, baik melalui pasokan senjata, pasukan, ataupun pembiayaan. Kesepakatan ini akan diajukan sebagai resolusi Dewan Keamanan PBB.

Meski begitu, KTT tersebut gagal menghasilkan dialog serius antara pihak-pihak yang bertikai, yakni Khalifa Haftar dan kepala pemerintah yang diakui PBB, Fayez al-Sarraj. KTT itu juga tak mampu membuat kedua belah pihak menandatangani gencatan senjata permanen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA