Pedang Dan Koin Kuno Peninggalan Viking Ditemukan Di Norwegia

Senin, 20 Januari 2020, 22:43 WIB

Koin kuno peninggalan Viking/Net

Benda kuno berupa koin dan pedang peninggalan sejarah di Norwegia. Koin yang ditemukan diduga digunakan lebih dari 2000 tahun lalu dan pedang digunakan 1000 tahun lalu oleh orang-orang Viking.

Koin ditemukan 15 centimeter dalam tanah oleh Ben Harrry Johansen di wilayah Donna, daerah pantai kota Helgelend, Norwegia.

Caroline Fredriksen, seorang peneliti Departemen Arkeologi dan Sejarah Budaya di Norwegian University of Science and Technology mengatakan penemuan koin dan pedang ini sangat penting.

Koin digunakan pada masa Kekaisaran Romawi Marcus Aurelius (121-180 Masehi).

Sedangkan pedang yang ditemukan terbuat dari perak dan dilapisi tembaga. Ini membuktikan bahwa wilayah Donna memiliki hubungan internasioanl pada zaman besi (iron age) dan Nordland merupakan bagian dari perdagangan pada itu.

Dikabarkan dari Sputnik, Ben Harry Johansen dan teman-temannya sering manggunakan alat pendeteksi sebagai hobi. Dia seing menemukan barang-barang antik seperti gelang perak, kapak, dan salib timah dengan tulisan rahasia.

"Aku tertarik dengan sejarah, dikota ini banyak aktivitas orang-orang Viking. Terdapat kapal yang terkubur dan beberapa gundukan makam yang sangat menarik. Seperti di Donna, barang yang ditemukan menunjukan status sosial dan kontak yang dilakukan di kota ini," katanya.

Alat pendeteksi metal di Norwegia dapad digunakan secara resmi apabila mengikuti pasal warisan budaya dan mengikuti prosedur yang berlaku.

Hobi menggunakan alat pendeteksi metal di Norwegia menjadi trend. Seiring banyak orang yang menggunakannya, banyak penemuan baru yang ditemukan.

"Penggunaan alat deteksi metal di Norwegia legal selama mengikuti pasal warisan budaya dan mengikuti prosedur untuk pencarian logam secara privat," tambah Caroline Fredriksen. 03Ahd

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Harta | Puisi Hari Ini

Senin, 10 Februari 2020
Video

[FULL] | Singgung Film Avengers: Endgame, Pidato Jokowi di Parlemen Australia

Senin, 10 Februari 2020
Video

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

Selasa, 11 Februari 2020