Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Awak Kapal Indonesia Kembali Diculik, Pemerintah Imbau Tak Melaut Dulu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 21 Januari 2020, 08:45 WIB
Awak Kapal Indonesia Kembali Diculik, Pemerintah Imbau Tak Melaut Dulu
Ilustrasi/Net
rmol news logo Penculikan awak kapal asal Indonesia kembali terjadi. Sang penculik juga tidak lain dan tidak bukan adalah Kelompok Abu Sayyaf yang berbasis di Filipina bagian selatan. Pemerintah Indonesia pun langsung mengimbau awak kapal Indonesia untuk tidak melaut untuk sementara waktu.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Aksi penculikan ini dikabarkan terjadi pada Kamis malam (16/1). Berawal dari hilangnya sebuah kapal ikan milik Malaysia yang berawak 8 orang WNI di perairan Tambisan, Lahan Datu, Sabah sekitar pukul 20.00 waktu setempat.

Dari keterangan Kementerian Luar Negeri RI yang diterima Kantor Berita Politik RMOL pada Selasa (21/1), kapal ikan dengan nomor registrasi SSK 00543/F terlihat masuk kembali ke perairan Tambisan dari arah Filipina keesokan harinya, Jumat (17/1) pukul 21.10 waktu setempat.

Sayangnya, dari 8 orang awak kapal, yang kembali hanya 3 orang. Dari ketiganya, diketahui lima orang lain telah dibawa oleh Abu Sayyaf.

Menyesalkan kejadian yang serupa terus berulang, pemerintah RI langsung berkoordinasi dengan Pemerintah Filipina guna membebaskan lima orang awak kapal tersebut.

Pemerintah, melalui perwakilan di Kota Kinabalu dan Tawau, juga telah mengimbau awak kapal WNI untuk tidak melaut. Setidaknya hingga perairan Sabah bisa kembali dipastikan keamanannya.

Selain itu, pemerintah juga mengimbau kepada calon pekerja migran yang akan berangkat ke luar negeri untuk sementara waktu tidak bekerja sebagai awak kapal yang beroperasi di perairan Sabah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA