Setelah Wuhan, Kota Tetangga Huanggang Juga Diisolasi Karena Virus Corona

Kamis, 23 Januari 2020, 21:28 WIB
Laporan: Amelia Fitriani

Penanganan pasien dengan corona/Net

Setelah Wuhan, pemerintah China mengisoloasi kota lainnya yang betetangga, yakni Huanggang pada Kamis (23/1).

Langkah itu diambil terkait penyebaran virus emmatikan corona yang mewabah di wilayah tersebut. Kota Wuhan terlebih dulu diisolasi.

Penduduk di Wuhan, kota pelabuhan utama di provinsi Hubei tengah dengan populasi 11 juta orang diberitahu untuk tidak pergi tanpa alasan khusus. Perintah itu didukung oleh penutupan transportasi, yang berarti pesawat dan kereta dilarang keluar dan masuk dari kota tersebut. Selain itu, jalan tol ke kota tersebut ditutup tanpa batas waktu yang jelas.

"Tanpa alasan khusus, warga kota tidak boleh meninggalkan Wuhan," kata pusat komando khusus Wuhan.

Dikabarkan BBC, beberapa jam kemudian, pihak berwenang di Huanggang yang bertetangga dengan Wuhan, mengumumkan bahwa angkutan umum dan layanan kereta api juga akan ditangguhkan pada tengah malam. Warga setempat diminta untuk tidak meninggalkan kota berpenduduk 7,5 juta jiwa tersebut.

Langkah yang belum pernah dilakukan sebelumnya itu bertujuan untuk menahan penyakit yang telah menyebar ke wilayah lain di China dan bahkan ke negara lain.

Virus yang menyerang pernapasan itu diketahui telah merenggut 17 nyawa sejak muncul dari pasar makanan laut dan hewan di Wuhan. Virus corona menyebar dengan cepat dan menginfeksi ratusan orang lainnya. Beberapa orang di negara-negara tetangga juga diketahui terinveksi virus tersebut setelah bepergian dari China baru-baru ini.

Kolom Komentar


Video

PA 212 Ancam Gelar Revolusi Jika Pemerintah Jadi Dalang Korupsi

Sabtu, 22 Februari 2020
Video

Gedung DPR Kebakaran

Senin, 24 Februari 2020