Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meriahnya Perayaan Seollal Di Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 24 Januari 2020, 17:30 WIB
Meriahnya Perayaan Seollal Di Jakarta
Seollal di Jakarta/RMOL
rmol news logo Perayaan Tahun Baru Korea atau yang dikenal dengan nama Seollal tidak hanya berlangsung di negeri ginseng tersebut.

Di Indonesia, Korean Cultural Center Indonesia (KCCI) merayakan Soellal dengan mengundang orang-orang Indonesia yang menyukai kebudayaan Korea Selatan.

Bertempat di Kantor KCCI, Equity Tower, SCBD, Jakarta pada Jumat (24/1), perayaan Seollal berlangsung dengan meriah.

Perayaan dibuka oleh Direktur KCCI, Chun Youngpoung. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada instansi-instansi yang telah berjasa dalam mempromosikan kebudayaan Korea Selatan di Indonesia. Ada Lotte, Jakarta Post, hingga RCTI.

Setelah semua selesai, acara yang paling ditunggu-tunggu dimulai. Perayaan Seollal. Seperti halnya di Korea, Soellal di Jakarta juga diisi dengan berbagai permainan.

Pertama-tama, para tamu undangan diharuskan mengambil sebuah kantong kecil yang bernama jumeoni. Jika biasanya di dalamnya berisi uang, kali ini isi kantong tersebut adalah kertas nama-nama permainan yang harus dilakukan oleh para tamu.

Di antaranya ada permainan Tuho, permainan Yutnori, dan lomba bernyanyi. Ada juga kertas yang langsung mendapatkan souvenir dan bahkan zonk.

Tuho sendiri adalah permainan melempar batang kayu ke dalam sebuah wadah. Sementara Yutnori adalah permainan papan tradisional Korea Selatan.

Lelah bermain? Tenang. KCCI langsung menghidangkan berbagai sajian makanan khas Korea Sekatan. Mulai dari kimchi, japchae, tteok, hingga berbagai minuman khas.

Di akhir, tidak lupa, para tamu diminta untuk memberikan ucapan Seollal.

“Saehae bok manhi badeuseyo!” ujar para tamu yang di hadapan kamera dengan semangat. Artinya, semoga mendapat banyak keberuntungan di tahun baru. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA