Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Integritas Teritorial, Republik Afrika Tengah Buka Konsulat Jenderal Di Sahara Maroko

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 24 Januari 2020, 22:51 WIB
Dukung Integritas Teritorial, Republik Afrika Tengah Buka Konsulat Jenderal Di Sahara Maroko
Menteri Luar Negeri, Kerjasama Afrika dan Maroko di luar negeri, Nasser Bourita (kiri) dan Menteri Luar Negeri CAR, Sylvie Baipo Temon (kanan)/MAP
rmol news logo Maroko merupakan mitra dekat bagi Republik Afrika Tengah (CAR). Hal itulah yang membuat CAR memutuskan untuk membuka konsulat jenderalnya di kota selatan Laayoune, Sahara Maroko pada Kamis (23/1).

Upacara peresmian perwakilan diplomatik tersebut dihadiri oleh Menteri Luar Negeri, Kerjasama Afrika dan Maroko di luar negeri, Nasser Bourita dan Menteri Luar Negeri CAR, Sylvie Baipo Temon.

Di sela kegiatan tersebut, duta besar CAR di Rabat dan doen dari korps diplomatik Afrika di Maroko, Ismaila Nimaga, menekankan bahwa pembukaan perwakilan diplomatik negaranya di Laayoune membuktikan tingkat luar biasa dari hubungan bilateral yang intens.

"Hari ini adalah kelahiran kembali dalam hubungan yang menyatukan Republik Afrika Tengah dan Kerajaan Maroko, negara persaudaraan dan dinamis," katanya, seraya menambahkan bahwa komitmen tegas dari CAR adalah untuk mendukung Maroko di Sahara.

"Ketika datang ke integritas teritorial Kerajaan, Republik Afrika Tengah selalu memberikan dukungan yang tidak dapat dipertanyakan dan tidak dapat dikembalikan kepada Maroko dalam masalah ini," tegasnya.

Dia juga menyatakan keinginan negaranya untuk melihat lebih banyak Negara Afrika membuka perwakilan diplomatik mereka di provinsi selatan Maroko.

Ini adalah perwakilan diplomatik kelima yang diresmikan di Laayoune, setelah konsulat kehormatan Cote d'Ivoire, dibuka Juni lalu, konsulat jenderal Uni Komoro (Desember), serta konsulat jenderal Gabon, diresmikan pekan lalu.
Sebelumnya di pagi hari, Bourita telah memimpin dengan rekannya Santomean upacara pembukaan konsulat jenderal Sao Tome dan Principe di Laayoune. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA