Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korban Gempa Turki Bertambah, Tiga WNI Di Lokasi Terdampak Gempa Dikabarkan Selamat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 25 Januari 2020, 19:25 WIB
Korban Gempa Turki Bertambah, Tiga WNI Di Lokasi Terdampak Gempa Dikabarkan Selamat
Gempa yang Terjadi Di Turki 24 Januari 2020/Net
rmol news logo Korban gempa bumi Turki bertambah menjadi 21 orang. Sedikitnya  1.030 orang terluka dan dirawat di rumah sakit setempat dan puluhan  orang masih dinyatakan hilang setelah gempa berkekuatan 6,8 skala richter mengguncang kota kecil Sivrice, tepi danau Provinsi timur Elazig.

Gempa bumi dahsyat berkekuatan  magnitudo 6,8 itu terjadi pada Jumat malam, di wilayah Elazig, wilayah timur Turki yang dekat dengan perbatasan Armenia, Irak, Suriah dan Iran.

Tim penyelamat dari provinsi-provinsi tetangga dikirim ke daerah yang dilanda gempa. Gempa telah meruntuhkan bangunan di kota-kota yang dekat dengan pusat gempa di Provinsi Elazig, sekitar 550 km sebelah timur Ankara.

"Getaran berlangsung sekitar 15 detik dan menghancurkan sebagian gedung di sekitar episentrum," kata KBRI Ankara dalam keterangan tertulisnya.

Menurut data KBRI Ankara, diperkirakan terdapat sekitar 3.300 WNI di Turki. Sebagian besar adalah mahasiswa atau pelajar dan Spa therapist yang bekerja di industri pariwisata Turki.

Anggota Satgas Perlindungan WNI yang ada sekitar area gempa di Elazig, menyebutkan ada tiga WNI, yakni seorang mahasiswa dan dua WNI yang menikah dengan warga setempat. Namun ketiganya selamat. Hal itu juga dipastikan oleh Juru Bicara Kemlu, Teuku Faizasyah.

"Ada 3 WNI di wilayah terdampak gempa, tetapi dikabarkan selamat," ujar  Faizasyah, saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (25/1) sore.

Guncangan gempa juga dirasakan oleh sejumlah negara tetangga, seperti Suriah, Iran, dan Lebanon.

Sejumlah petugas kini tengah berusaha menyelamatkan korban yang masih terjebak di bawah reruntuhan.

Sementara itu, Presiden Recep Tayyib Erdogan menyampaikan duka cita kepada para korban dan akan mengambil langkah cepat untuk membantu para korban.

"Doa kita kepada para korban dalam gempa bumi, dan segera memberikan penanganan mendesak bagi mereka yang terluka," kata Erdogan melalui akun Twitter-nya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA