Lagi, Trump Perang Cuitan Dengan Menlu Zarif Soal Sanksi Iran

Minggu, 26 Januari 2020, 19:58 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

Presiden AS, Donald Trump/Net

Amerika Serikat tidak akan mencabut sanksi terhadap Iran sekalipun untuk memulai negosiasi.

Demikian yang diungkapkan oleh Presiden AS, Donald Trump dalam akun Twitternya pada Sabtu malam (25/1) sebagai tanggapan atas wawancara majalah Jerman, Der Spiegel dengan Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif.

"Menteri Luar Negeri Iran mengatakan Iran ingin bernegosiasi dengan Amerika Serikat, tetapi ingin sanksi dihapus. Tidak, terima kasih!" cuit Trump seperti dimuat Reuters.

Cuitannya juga ia unggah dalam terjemahan bahasa Farsi.

Dalam wawancara dengan Zarif yang diterbitkan Der Spiegel, Jumat (24/1), Menlu Iran tersebut mengaku bahwa pihaknya masih terbuka untuk bernegosiasi dengan AS hanya jika sanksi dicabut.

Menanggapi cuitan Trump, Zarif kemudian menulis cuitan balasan.

"@Realdonaldtrump (akun Twitter Trump) lebih baik disarankan untuk mendasarkan komentar dan keputusan kebijakan luar negerinya pada fakta, daripada berita utama @FoxNews atau penerjemah Farsi-nya," balas Zarif menyindir.

Perang cuitan antara Trump dan Zarif sendiri tidak hanya terjadi sekali. Tulisan keduanya sempat memuncak saat AS membunuh Jenderal kawakan Iran, Qassem Soleimani pada Jumat (3/1) yang dibalas dengan serangan rudal ke dua pangkalan militer AS di Irak pada Rabu (8/1).
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

PA 212 Ancam Gelar Revolusi Jika Pemerintah Jadi Dalang Korupsi

Sabtu, 22 Februari 2020
Video

Gedung DPR Kebakaran

Senin, 24 Februari 2020