Trump Tawarkan China Bantuan Untuk Lawan Virus Corona

Selasa, 28 Januari 2020, 06:47 WIB
Laporan: Amelia Fitriani

Penanganan pasien dengan corona di Wuhan/Net

Virus corona yang telah menghinveksi ribuan orang di China dan sejumlah negara di dunia membuat cemas banyak pihak, termasuk Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Dia menawarkan bantuan apapun yang diperlukan kepada China untuk mengendalikan wabah yang telah merenggut setidaknya 81 nyawa itu di tempat asal kemunculannya, yakni kota Wuhan.

"Kami berkomunikasi sangat erat dengan China mengenai virus ini," kata Trump dalam sebuah cuitan di Twitter awal pekan ini (Senin, 27/1).

"Sangat sedikit kasus yang dilaporkan di Amerika Serikat, tetapi sangat diawasi. Kami telah menawarkan bantuan kepada China dan Presiden Xi (Jinping). Ahli kami luar biasa," sambungnya.

Belum ada pernyataan balasa resmi dari China atas tawaran bantuan tersebut.

Namun, di hari yang sama itu, Perdana Menteri China Li Keqiang berjanji akan memeriksa dan mengarahkan upaya untuk mengendalikan wabah dan menjanjikan bala bantuan.

Li bahkan mengenakan pakaian pelindung khusus demi berterima kasih kepada para pekerja medis di Wuhan, ibukota provinsi Hubei dan pusat penyebaran penyakit itu.
"Li berterima kasih kepada pekerja medis garis depan atas upaya maksimal mereka dalam merawat pasien dan mendesak mereka untuk memperhatikan perlindungan mereka sendiri," begitu kabar yang dirilis kata kantor berita Xinhua.

"Dia memerlukan upaya untuk menjamin pasokan sumber daya medis, berpacu dengan waktu untuk merawat pasien dan memastikan pasokan pasar yang memadai dan harga yang stabil," tambahnya.

Dia mengatakan 2.500 lebih banyak pekerja medis akan tiba dalam dua hari ke depan ke Wuhan.

Kolom Komentar


Video

PA 212 Ancam Gelar Revolusi Jika Pemerintah Jadi Dalang Korupsi

Sabtu, 22 Februari 2020
Video

Gedung DPR Kebakaran

Senin, 24 Februari 2020