Gempa 7,7 SR Guncang Amerika Tengah, Peringatan Tsunami Dikeluarkan

Rabu, 29 Januari 2020, 11:15 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

Warga berhamburan keluar rumah dan gedung karena panik/Net

Gempa berkekuatan 7,7 Skala Richter (SR) mengguncang Amerika Tengah. Pusat gempa (epicentrum) berada di antara Kuba dan Jamaika.
Gempa yang terjadi, pada Selasa sore (28/1) waktu setempat atau Rabu pagi (29/1) WIB, menurut Survei Geologi AS, epicentrum tepatnya terletak di Laut Karibia, sekitar 83 km di utara Teluk Montego, ibukota St James, dan sekitar 140 km dari selatan Granma, Kuba. Gempa kuat ini memiliki kedalaman sekitar 9,6 km.

ABC News mewartakan, sejauh ini tidak ada laporan mengenai kerusakan atau korban. Namun, dari keterangan penduduk sekitar, getaran gempa cukup kuat. Bahkan juga dapat dirasakan hingga Miami, Amerika Serikat.

Seorang penduduk Miami, Robert Lee yang tengah bekerja di lantai 25 Menara Miami menyebutkan ia bisa merasakan bangunan bergoyang. Dia juga melihat ratusan orang keluar dari gedung.

"Itu gila! Saya mendongak dan melihat lampu bergoyang dan saya keluar," kata Lee kepada ABC News.

Setelah guncangan gempa, peringatan tsunami dikeluarkan untuk daerah-daerah di lepas pantai. Seperti di Belize, Kuba, Honduras, Meksiko, Kepulauan Cayman, dan Jamaika. Menurut Pusat Peringatan Tsunami Pasifik, daerah-daerah tersebut dapat mendapatkan gelombang setinggi 3,3 kaki atau sekitar 1 meter.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Darurat Corona, Dr. Tirta: Ini Saatnya Karantina Wilayah Per Provinsi

Sabtu, 28 Maret 2020
Video

Darurat Corona! Pasien Ini Ciptakan Lagu Nge-Rap Setelah Sembuh Dari Covid-19

Minggu, 29 Maret 2020