Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gempa 7,7 SR Guncang Amerika Tengah, Peringatan Tsunami Dikeluarkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 29 Januari 2020, 11:15 WIB
Gempa 7,7 SR Guncang Amerika Tengah, Peringatan Tsunami Dikeluarkan
Warga berhamburan keluar rumah dan gedung karena panik/Net
rmol news logo Gempa berkekuatan 7,7 Skala Richter (SR) mengguncang Amerika Tengah. Pusat gempa (epicentrum) berada di antara Kuba dan Jamaika.
Gempa yang terjadi, pada Selasa sore (28/1) waktu setempat atau Rabu pagi (29/1) WIB, menurut Survei Geologi AS, epicentrum tepatnya terletak di Laut Karibia, sekitar 83 km di utara Teluk Montego, ibukota St James, dan sekitar 140 km dari selatan Granma, Kuba. Gempa kuat ini memiliki kedalaman sekitar 9,6 km.

ABC News mewartakan, sejauh ini tidak ada laporan mengenai kerusakan atau korban. Namun, dari keterangan penduduk sekitar, getaran gempa cukup kuat. Bahkan juga dapat dirasakan hingga Miami, Amerika Serikat.

Seorang penduduk Miami, Robert Lee yang tengah bekerja di lantai 25 Menara Miami menyebutkan ia bisa merasakan bangunan bergoyang. Dia juga melihat ratusan orang keluar dari gedung.

"Itu gila! Saya mendongak dan melihat lampu bergoyang dan saya keluar," kata Lee kepada ABC News.

Setelah guncangan gempa, peringatan tsunami dikeluarkan untuk daerah-daerah di lepas pantai. Seperti di Belize, Kuba, Honduras, Meksiko, Kepulauan Cayman, dan Jamaika. Menurut Pusat Peringatan Tsunami Pasifik, daerah-daerah tersebut dapat mendapatkan gelombang setinggi 3,3 kaki atau sekitar 1 meter. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA