Rusia Dan China Kembangkan Vaksin Corona

Kamis, 30 Januari 2020, 00:44 WIB
Laporan: Amelia Fitriani

Penanganan pasien yang terinfeksi corona di Wuha/Net

China dan Rusia saat ini tengah bekerja bersama mengembangkan vaksi atas virus corona yang mewabah di negeri tirai bambu, utamanya kota Wuhan.

Konsulat Rusia di kota Guangzhou China dalam sebuah pernyataan menjelaskan bahwa otoritas China telah menyerahkan geom virus itu ke Rusia.

"Para ahli Rusia dan China telah mulai mengembangkan vaksin," begitu bunyi keterangan tersebut, seperti dimuat Channel News Asia (Rabu, 29/1).

"Sisi China menyerahkan genom virus ke Rusia, yang memungkinkan para ilmuwan kami untuk dengan cepat mengembangkan tes ekspres yang memungkinkan untuk mengidentifikasi virus dalam tubuh manusia dalam waktu dua jam," sambung pernyataan yang sama.

Tidak jelas apakah para ilmuwan Rusia dan Cina bekerja bersama atau secara terpisah dalam membuat vaksi corona.

Rusia sendiri sejauh ini belum mengkonfirmasi adanya kasus infeksi corona di negara itu. Namun otoritas Rusia mulai menyaring semua wisatawan Rusia yang kembali dari China.

Pemerintah Rusia juga sejauh ini telah menjalin pembicaraan dengan China tentang evakuasi warga negaranya dari provinsi Wuhan dan Hubei, yang merupakan pusat penyebaran virus corona.

Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin bahkan memerintahkan pengawas keamanan konsumen Rusia untuk menyusun dan menyampaikan rencana mencegah penyebaran virus corona.

Selain itu, pihak berwenang Rusia telah menutup beberapa penyeberangan perbatasan darat ke Cina di Timur Jauh Rusia hingga 7 Februari mendatang.

Diketahui bahwa virus yang menyerang saluran pernapasan itu telah merenggut lebih dari 100 nyawa dan menginfeksi lebih dari 6.000 orang lainnya di China. Sejauh ini belum ada obat serta vaksin atas penyakit yang menyerang saluran pernapasan tersebut.

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Harta | Puisi Hari Ini

Senin, 10 Februari 2020
Video

[FULL] | Singgung Film Avengers: Endgame, Pidato Jokowi di Parlemen Australia

Senin, 10 Februari 2020
Video

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

Selasa, 11 Februari 2020