Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Iran: Arab Saudi Ikut AS Dan Israel Menabur Krisis Di Timur Tengah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 30 Januari 2020, 15:43 WIB
Menlu Iran: Arab Saudi Ikut AS Dan Israel Menabur Krisis Di Timur Tengah
Komandan Pasukan Quds, Letnan Jenderal Qassem Soleimani/Net
rmol news logo Kasus pembunuhan Komandan Pasukan Quds, Letnan Jenderal Qassem Soleimani dalam serangan udara Amerika Serikat di Irak belum rampung. Kali ini Iran mengecam Arab Saudi karena telah terlibat dalam tindakan Presiden AS Donald Trump itu.

Keterlibatan Arab Saudi sendiri merujuk pada dukungan terhadap AS. Di mana Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Faisal bin Farhan As Saud menyatakan setuju dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo bahwa wilayah Timur Tengah lebih aman setelah meninggalnya Soleimani dalam wawancaranya dengan CNN, Minggu (26/1).

Faisal juga mengatakan pihaknya yakin bahwa AS telah melakukan pertahanan diri yang sah dengan pembunuh tokoh paling berpengaruh kedua di Iran.

Sehari setelah wawancara tersebut rilis, jurubicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Mousavi membuat pernyataan. Dalam pernyataannya, Mousavi mengingatkan Arab Saudi bahwa AS telah melakukan pelanggaran hukum domestik dan internasional.

Di mana pembunuhan Soleimani dilakukan di wilayah kedaulatan negara lain, bahkan di sebuah fasilitas publik yaitu bandara, dan terhadap tamu resmi negara tersebut.

Lebih lanjut, Mousavi menyatakan penyesalannya terhadap Faisal dan memintanya untuk memahami kembali arti dari pertahanan yang sah sesuai dengan hukum-hukum internasional.

"Ekspresi dukungan ini membuat rezim Saudi terlibat dalam kejahatan yang dilakukan atas perintah langsung Presiden AS Donald Trump," kata Mousavi seperti yang dikutip dari Press TV, Kamis (30/1).

Mousavi mengatakan, Arab Saudi telah memainkan peran penting dalam menabur krisis di Timur Tengah bersama aliansinya, Amerika Serikat dan Israel. Ia kemudian memberikan contoh perang di Yaman yang didukung oleh AS. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA