Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Raja Mohammed VI Resmikan Kota Inovasi Souss-Massa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Sabtu, 08 Februari 2020, 15:32 WIB
Raja Mohammed VI Resmikan Kota Inovasi Souss-Massa
Raja Mohammed VI/Net
rmol news logo Maroko bergerak selangkah lebih maju dengan meresmikan kota inovasi Souss-Massa pada Kamis (6/2). Peresmian dilakukan oleh Raja Mohammed VI, di ibukota Souss-Massa, Agadir.

Kota inovasi ini adalah bagian dari rencana regional dan akselerasi industri yang diluncurkan Kerajaan Maroko pada 28 Januari 2018 lalu.

Kota inovasi ini dibangun sebagai kawasan khusus pusat ekonomi utama kerajaan. Diharapkan, pembangunan kota baru ini dapat membuka lapangan kerja bagi kaum muda dan memastikan pertumbuhan inklusif yang melayani warga Maroko.

Terletak di lokasi Universitas Ibn Zohr, Kota Inovasi Souss-Massa dirancang untuk menyediakan infrastruktur serta teknologi kepada daerah, mendorong kewirausahaan dan penciptaan perusahaan baru yang inovatif melalui proses inkubasi.

Selain itu, proyek percontohan yang menelan anggaran hingga 42 juta dirham Maroko ini juga diproyeksikan untuk membangun ekosistem industri serta transfer teknologi, termasuk perusahaan inovatif dan startup, laboratorium, pusat penelitian dan pengembangan.

Bukan hanya itu, di kota ini juga akan dibangun ruang pertemuan, konferensi, komputer dan pelatihan, ruang kerja bersama dan area dokumentasi, serta toko serba ada untuk memfasilitasi prosedur administrasi untuk bisnis.

Di kota ini juga telah ada pemasangan puluhan struktur, termasuk 14 start-up, tiga cluster, yakni Agadir Haliopole, Agrotech dan Logipole serta tiga struktur pendukung, yakni Reseau Entreprendre-Agadir, inisiatif Asosiasi Souss-Massa dan X-Hub.

Sebagai bagian dari implementasi rencana ini, juga akan dibangun sekitar 305 hektar Zona Akselerasi Industri. Fase pertama zona ini, yang mencakup wilayah 64 hektar, telah 80 persen rampung dan akan mulai difungsikan mulai Juli 2020 ini.

Zona ini rencananya akan memberikan investor infrastruktur yang memenuhi standar internasional dan harga bersaing. Di zona ini, telah dialokasikan tiga proyek industri dengan nilai total 2.016 pekerjaan langsung dan investasi senilai 461 juta dolar AS.

Pada kesempatan peresmian kota baru tersebut, Menteri Perindustrian, Perdagangan, dan Ekonomi Hijau serta Digital menyerahkan satu set kotak berisi buku berjudul "Industrial Maroko, Visi Kerajaan. Percepatan 20 tahun" kepada Raja Mohammed VI. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA