Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demi Akhiri Perang, Iran Siap Tengahi Perbedaan Turki-Suriah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 09 Februari 2020, 08:55 WIB
Demi Akhiri Perang, Iran Siap Tengahi Perbedaan Turki-Suriah
Warga Suriah membawa bendera dan potret Presiden Bashar al Assad/Net
rmol news logo Iran siap menengahi Turki dan Suriah demi menyelesaikan perbedaan mereka dalam perang yang hampir sembilan tahun berkecamuk di Suriah.

Menurut keterangan yang dirilis Kementerian Luar Negeri Iran pada Sabtu (8/2), Iran menegaskan dukungannya atas kedaulatan sekutu utama regionalnya, Suriah.

Untuk diketahui bahwa dalam perang di Suriah, Turki mendukung pemberontak yang ingin menggulingkan Presiden Suriah Bashar al-Assad, sementara Iran dan Rusia telah mendukung pasukan Assad dalam perang. Ketiga negara ini juga kerap berkolaborasi dalam solusi politik untuk konflik tersebut.

Dalam pertemuan antara utusan khusus PBB untuk Suriah, Geir Pedersen, dan pejabat Iran yang berkunjung, pemerintah Iran menggarisbawahi pentingnya menyelesaikan masalah di Suriah melalui diplomasi.

"Selama pertemuan itu, Iran menegaskan bahwa warga sipil di Suriah tidak boleh digunakan sebagai perisai manusia, dan bahwa Iran siap menjadi penengah antara Turki dan Suriah untuk menyelesaikan masalah tersebut," begitu bunyi pernyataan yang dirilis oleh Kementerian Luar Negeri Iran, seperti dimuat Reuters.

Sementara itu, televisi pemerintah Iran melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif, dalam pertemuan terpisah dengan Pedersen di Teheran, mengatakan bahwa Iran siap membantu dalam mengurangi eskalasi krisis di Suriah sehubungan dengan kemerdekaan dan kedaulatan Suriah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA