Rilis Platform Argana, Maroko Dorong Kaum Muda Kembangkan Potensi Diri

Kamis, 13 Februari 2020, 17:23 WIB
Laporan: Amelia Fitriani

Raja Mohammed VI dikelilingi kaum muda saat peluncuran platform Argana/Repro

Maroko tidak main-main dalam upaya memberdayakan kaum muda dan mendorong mereka untuk mengembangkan potensi diri. Hal itu terbukti dari peluncuran platform pemuda "Argana" pekan ini.

Peluncuran itu dilakukan oleh Raja Maroko, Raja Mohammed VI pada Rabu (12/2). Peluncuran dilakukan di komune Ait Melloul di prefektur Inezgane-Aït Melloul.

Platform ini difungsikan sebagai sarana untuk mendengarkan dan membimbing suara kaum muda, sekaligus mendorong program Inisiatif Nasional untuk Pembangunan Manusia (INDH) di Maroko.

Selain itu, proyek ini juga dilakukan dalam kerangka program III INDH dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan dan inklusi ekonomi kaum muda. Termasuk dalam mendorong kewirausahaan.
Melalui platform ini, kaum muda di wilayah Souss-Massa dapat memanfaatkan program dukungan dan pembiayaan usaha terpadu yang disusun sesuai dengan Pedoman Tinggi Kerajaan. Hal itu mencakup sejumlah langkah, seperti mengatasi kesulitan akses kaum muda pemegang proyek ke keuangan atau usaha kecil.

Proyek senilai hampir tujuh juta dirham ini mencakup program kewirausahaan, ruang kerja dan ruang mendengarkan, auditorium, lokakarya, perpustakaan media, ruang olahraga dan lapangan sepak bola mini.

Bukan hanya itu, upaya pemerintah Maroko mendorong pengembangan kaum muda juga dilakukan dengan cara membangun ruang budaya Dar Momkin di lingkungan Lagouira serta Les etoiles du Souss di lingkungan El Farah.

Untuk diketahui, Dar Momkin adalah ruang budaya baru untuk mendukung kaum muda berusia 18 hingga 28 tahun, yang ingin meningkatkan dan mempelajari keterampilan baru. Ruang budaya ini diisi dengan banyak kegiatan seperti membaca, menulis, teater, musik dan video.

Selain itu, ruang ini dibuat dengan tujuan untuk mempromosikan pemikiran kritis, kreativitas, kolaborasi, komunikasi, keterbukaan kepada orang lain.
Adapun Les etoiles du Souss adalah sarana pelatihan dalam berbagai bidang seperti kursus teater, seni plastik, tarian, musik dan bahasa asing. Ini adalah sarana ketiga dari jenisnya yang diprakarsai oleh Ali Zaoua Foundation, setelah sebelumnya dibangun Les etoiles de Sidi Moumen di Casablanca dan Les etoiles du Detroit di Tangier.

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Harta | Puisi Hari Ini

Senin, 10 Februari 2020
Video

[FULL] | Singgung Film Avengers: Endgame, Pidato Jokowi di Parlemen Australia

Senin, 10 Februari 2020
Video

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

Selasa, 11 Februari 2020