Jepang Umumkan Kasus Kematian Pertama Pasien Terduga Terinfeksi Virus Corona Covid-19

Jumat, 14 Februari 2020, 06:28 WIB
Laporan: Reni Erina

Menteri Kesehatan Jepang Katsunobu Kato/Net

Jepang melaporkan adanya kematian pasien akibat terinfeksi virus corona pada Kamis (13/2).

Ini adalah kasus kematian pertama yang terjadi di negeri sakura ini. Menteri Kesehatan Jepang, Katsunobu Kato, menjelaskan pasien tersebut adalah seorang wanita 80 tahun yang tinggal di prefektur Kanagawa, Tokyo.

Kato mengatakan wanita itu mengalami gejala pada 22 Januari, kemudian dirawat di rumah sakit pada 1 Februari.

Namun, Kato masih belum bisa memastikan, sebab hasil tes apakah wanita tersebut terinfeksi virus corona, baru dapat diketahui beberapa hari kemudian.

"Hubungan antara coronavirus baru dan kematian orang itu masih belum jelas. Ini adalah kematian pertama seseorang yang dites positif (terinfeksi virus corona)," ujar Kato. "Dia dicurigai terinfeksi virus corona sehingga dilakukan pengujian. Hasil tes positif dikonfirmasi setelah kematian," katanya, dilansir dari SCMP, Kamis (13/2).

Jepang mengumumkan adanya kasus pertama virus corona pada 28 Januari 2020 lalu, yaitu seorang warga Jepang yang tidak pernah ke China dilaporkan positif terinfeksi virus corona. Ia adalah sopir bagi sekelompok wisatawan asal Wuhan, China. Pria itu, tengah mengantar dua rombongan turis Wuhan yang berbeda pada awal Januari.

Berdasarkan data terkini dari gisanddata, saat ini jumlah korban yang meninggal dunia sebanyak 1.370 orang dari 60.349 kasus terinfeksi di seluruh dunia per Kamis (13/2).

Jumlah korban yang telah sembuh juga melambung tinggi, yakni 6.260 orang.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Harta | Puisi Hari Ini

Senin, 10 Februari 2020
Video

[FULL] | Singgung Film Avengers: Endgame, Pidato Jokowi di Parlemen Australia

Senin, 10 Februari 2020
Video

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

Selasa, 11 Februari 2020