Sistem Pertahanan Suriah Berhasil Cegat Rudal Israel

Jumat, 14 Februari 2020, 11:40 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

Ilustrasi/Net

Israel kembali melakukan serangan udara di wilayah Damaskus, Suriah pada Kamis malam (13/2).  

Dari laporan media Suriah yang dimuat oleh Israel National News, sistem pertahanan antipesawat Suriah berhasil mencegat beberapa target di atas langit Damaskus. Sementara itu, menurut seorang pejabat militer Suriah, beberapa rudal ditembakkan dari Dataran Tinggi Golan.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia juga mengungkapkan, serangan menargetkan gudang senjata di wilayah Bandara Damaskus. Kendati begitu, hingga kini pihak Israel enggan mengomentari peristiwa tersebut.

Ini bukan lah serangan pertama Israel. Sebab, pada pekan lalu, serangan udara yang juga diyakini dilakukan oleh Israel menargetkan pos terdepan yang digunakan milisi Iran di Damaskus.

Insiden ini menelan korban jiwa hingga 23 orang, yang terdiri dari pasukan Presiden Suriah Bashar Al Assad serta pasukan sekutu.

Bulan lalu, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia juga melaporkan, setidaknya 3 orang tewas dalam serangan udara yang diduga dilakukan oleh Angkatan Udara Israel.

Israel dan Suriah memang memiliki hubungan yang buruk. Kedua negara bahkan sempat bertarung di tiga perang besar. Yakni Perang Arab-Israel pada 1948, Perang Enam Hari pada 1967, dan Perang Yom Kippur pada 1973.

Berbagai upaya untuk mencapai perdamaian untuk kedua belah pihak telah dilakukan, meski semuanya berakhir kegagalan.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Harta | Puisi Hari Ini

Senin, 10 Februari 2020
Video

[FULL] | Singgung Film Avengers: Endgame, Pidato Jokowi di Parlemen Australia

Senin, 10 Februari 2020
Video

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

Selasa, 11 Februari 2020