Tak Ingin Pecat Stafnya, Menkeu Inggris Mengundurkan Diri

Jumat, 14 Februari 2020, 12:47 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

Menteri Keuangan Sajid Javid/Net

Perombakan kabinet besar-besaran yang dilakukan oleh Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berbuntut pada pengunduran diri dari Menteri Keuangan Sajid Javid pada Kamis (13/2).

Javis mengundurkan diri setelah Johnson memerintahnya untuk memecat semua stafnya. Ia menolak dan mengundurkan diri. Alhasil, Javid yang baru menjabat pada Juli menjadi menteri keuangan tersingkat dalam sejarah Inggris.

Dimuat UPI, posisi Javid digantikan oleh Sekretaris Kepala Departemen Keuangan Rishi Sunak. Penunjukkan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya penyelarasan perbendaharaan dengan kantor perdana menteri.

Dalam perombakan kabinet Johnson usai Brexit, ada beberapa menteri yang dipecat. Seperti Menteri Perdagangan Andrea Leadsom, Menteri Lingkungan Theresa Villers, dan Menteri Perumahan Esther McVey.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Dominic Raab, Menteri Dalam Negeri Priti Patel, dan Menteri Kabinet Michael Gove masih berhasil mempertahankan diri.

Selain keluarnya Javid, kejutan lainnya adalah pemecatan Sekretaris Irlandia Utara Julian Smith. Pemecatannya tidak diduga-duga karena Smith sebelumnya berhasil berhasil mendapatkan kesepakatan untuk mengakhiri penangguhan tiga tahun pemerintah daerah.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Update COVID-19: Luhut dan Jokowi Satu Suara Virus Corona Tidak Cocok Cuaca Panas Indonesia

Jumat, 03 April 2020
Video

JODHI YUDOYONO: Ketika Membayangkan | Puisi Hari Ini

Jumat, 03 April 2020
Video

Update COVID-19 | Jumat 3 April, Positif 1.986 orang, dan 181 Meninggal

Jumat, 03 April 2020