Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lagi-lagi, Trump Pakai Duit Pentagon Rp 52 Triliun Untuk Bangun Tembok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 14 Februari 2020, 14:23 WIB
Lagi-lagi, Trump Pakai Duit Pentagon Rp 52 Triliun Untuk Bangun Tembok
Tembok perbatasan Amerika Serikat dan Meksiko/Net
rmol news logo Departemen Pertahanan Amerika Serikat harus kembali mengeluarkan biaya tambahan untuk mendanai pembangunan megaproyek Presiden Donald Trump, yakni tembok perbatasan dengan Meksiko.

Setidaknya, sebanyak 3,83 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 52,5 triliun yang diambil dari beberapa rekening Pentagon digelontorkan. Tembok perbatasan itu sendiri dibangun untuk upaya memerangi peredaran narkoba sesuai dengan visi Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS).

"DHS mengidentifikasi area yang digunakan oleh individu dan kelompok kriminal di sepanjang perbatasan sebagai koridor penyelundupan narkoba. Untuk menghentikan penyelundupan, perlu membangun penghalang dan jalan tambahan," bunyi pemberitahuan yang ditujukan ke kongres dalam berita The Hill yang dikutip AA, Jumat (14/2).

Tahun lalu, pemerintahan Trump juga telah mengalihkan dana sebesar 6,5 miliar dolar AS atau Rp 89 triliun untuk pembangunan tembok tersebut. Hal ini kemudian memicu kritikan pedas dari kubu Demokrat, termasuk dari kubu koalisi Partai Republik.

"Dan dengan menggerebek dana operasi kontingensi luar negeri (dana yang diperuntukkan bagi perang di negeri asing) untuk penyalahgunaan wewenangnya yang kasar telah dinaikkan ke tingkat yang absurd," ujar Senator Demokrat, Patrick Leahy.

Sementara itu, anggota Partai Republik terkemuka di House Armed Services Committee, Mac Thornberry mengatakan, Trump harus terlebih dahulu melakukan pembicaraan dan meminta persetujuan kongres.

"Begitu pilihan-pilihan itu dibuat, departemen pertahanan tidak dapat mengubahnya dalam mengejar prioritas mereka sendiri tanpa persetujuan kongres," katanya merujuk pada upaya sepihak yang dilakukan oleh pemerintahan Trump untuk mengalihkan dana ke proyek tembok perbatasan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA