Mantan Selebriti Italia Dirikan Partai DNA Lawan Rezim Pemerintahan

Sabtu, 15 Februari 2020, 08:15 WIB
Laporan: Reni Erina

Italia/Net

Selebriti Ilona Staller kembali ke dunia politik. Ia meluncurkan partai politik yang dia namakan Partai Demokrasi, Alam dan Cinta (DNA),  pada hari Jumat kemarin. DNA ia dirikan untuk melawan rezim pemerintah Italia yang dikendalikan Five Star Movement (Gerakan Bintang Lima).

"Saya telah mendirikan sebuah partai yang saya sebut DNA atau Democrazia, Natura, Amore, dan melihat bagaimana pemerintah ini berjalan, saya berpikir untuk kembali ke politik," kata Staller, mengutip The Times, Sabtu (15/2).

Wanita 68 tahun ini merasa muak dengan partai berkuasa di Italia karena memangkas dana pensiunnya dan jutaan orang lainnya.

Sejak 2018, Gerakan Bintang Lima yang tergabung dalam pemerintahan koalisi, telah memangkas pensiun anggota parlemen. Pemangkasan dana pensiun itu dianggapnya tidak konstitusional dan ia pun menyerukan kenaikan upah anggota parlemen sebagai balasannya.

Pada era 1980-an Ilona adalah anggota Partai Hijau. Dia mengambil julukan "La Cicciolina", yang berarti "si kecil gemuk", dan dikenal karena berpose telanjang dada dalam rapat umum selama kampanye pemilu pertamanya pada tahun 1987.

Dia terpilih sebagai anggota Parlemen Partai Radikal (Radical Party) dan berkampanye untuk tujuan populis. Ia pernah menawarkan tidur dengan Saddam Hussein, pemimpin berkuasa saat itu, untuk membawa perdamaian dengan Irak.

Italia akan menggelar pemilu tahun 2023, dan koalisi Gerakan Bintang Lima dan Partai Demokrat yang berkuasa akan mempertahankan cengkeramannya pada kekuasaan.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Harta | Puisi Hari Ini

Senin, 10 Februari 2020
Video

[FULL] | Singgung Film Avengers: Endgame, Pidato Jokowi di Parlemen Australia

Senin, 10 Februari 2020
Video

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

Selasa, 11 Februari 2020