Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Luhut Pandjaitan Bertemu Direktur Pelaksana Bank Dunia, Salah Satu Yang Dibahas Dampak Virus Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Sabtu, 15 Februari 2020, 22:10 WIB
Luhut Pandjaitan Bertemu Direktur Pelaksana Bank Dunia, Salah Satu Yang Dibahas Dampak Virus Corona
LBP saat berkunjung ke Amerika Serikat/Ist
rmol news logo Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut B. Pandjaitan dalam kunjungannya ke Amerika Serikat melakukan pertemuan dengan Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva pada hari Kamis (13/2) dan Presiden Bank Dunia David Malpass pada hari Jumat (14/02) waktu setempat.     

Dalam pertemuan dengan delegasi International Monetary Fund (IMF), Menko Luhut yang didampingi Wamenlu Mahendra Siregar mendapat informasi terbaru tentang perkembangan ekonomi dunia dari Ms. Georgieva.

"Kejadian yang terjadi di China jadi salah satu faktor yang membuat IMF mengoreksi pertumbuhan ekonomi globalnya. Ms.Georgieva juga menyampaikan pandangan-pandangannya tentang situasi global apa saja yang akan memengaruhi perekonomian," kata Menko Luhut setelah pertemuan tersebut.     

Sebaliknya, Menko Luhut juga memberikan perkembangan terbaru yang terjadi di Indonesia. Salah satu yang dibahas berbagai aspek terkait rencana pembangunan ibu kota baru, seperti skema keuangannya, desainnya dan yang lainnya.     

"Saya jelaskan juga kepada Ms. Georgieva dan delegasi IMF tentang program hilirisasi industri yang sedang kita laksanakan serta dampaknya yang bisa menekan defisit transaksi berjalan, karena defisit neraca dagang terjadi disebabkan oleh nilai ekspor yang tidak mampu mengimbangi impor," katanya.     

Tentang dampak virus Corona terhadap Indonesia, LBP sapaan akrabnya juga menyampaikan bahwa dampaknya sangat terasa bagi sektor pariwisata.

LBP menyebutkan data wisatawan China yang datang ke Indonesia pertahunnya berjumlah sekitar dua juta wisatawan.

"Tapi dampak baiknya, Indonesia bisa menampung wisatawan yang berencana melancong ke China. Tetapi yang kami syukuri adalah hingga hari ini belum ditemukan kasus virus Corona di dalam negeri," kata Menko Luhut.     

Nihilnya kasus virus corona di Indonesia ini juga disyukuri oleh Presiden Bank Dunia David Malpass saat bertemu dengan Menko Luhut yang juga didampingi Menkominfo Johnny G. Plate  pada hari Jumat (14/2) waktu setempat.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA