Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setelah Thailand, Jepang Bersiap Coba Gunakan Obat HIV Untuk Tangani Virus Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Selasa, 18 Februari 2020, 16:08 WIB
Setelah Thailand, Jepang Bersiap Coba Gunakan Obat HIV Untuk Tangani Virus Corona
Warga Jepang mengenakan masker di tempat umum demi menghindari penularan virus corona/CNA
rmol news logo Jepang berencana untuk menguji coba obat-obatan HIV untuk mengobati pasien yang terinfeksi virus corona atau COVID-19.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Langkah ini diambil di tengah meningkatnya jumlah kasus infeksi virus tersebut yang berpotensi menjadi ancaman terhadap kesehatan masyarakat serta ekonomi di negeri sakura.
Juru bicara utama pemerintah Jepang, Yoshihide Suga, mengatakan dalam sebuah pengarahan pada Selasa (18/2) bahwa pemerintah saat ini sedang melakukan persiapan sehingga uji klinis menggunakan obat HIV pada virus corona baru dapat dimulai sesegera mungkin.

Namun dia tidak bisa memastikan berapa lama obat itu akan disetujui.

Dikabarkan Channel News Asia, uji coba pengobatan pasien corona dengan obat HIV di Jepang dilakukan ketika obat-obatan itu disebut-sebut sebagai obat potensial untuk virus korona di seluruh dunia. Sejauh ini tidak ada terapi yang terbukti 100 persen efektif terhadap virus itu.

Sebelumnya Thailand telah lebih dulu menggunakan pengobatan semacam itu, tepatnya dengan kombinasi obat untuk flu dan HIV yang sejauh ini diklaim berhasil.

Di Jepang sendiri, mengutip data Kementerian Kesehatan Jepang, jumlah total infeksi yang dikonfirmasi di Jepang mencapai 520 per awal pekan ini. Jumlah itu termasuk 454 kasus dari kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di pelabuhan Yokohama. Satu orang telah meninggal dunia akibat virus tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA