Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penjualan Smartphone Anjlok Dihantam Virus Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 20 Februari 2020, 07:26 WIB
Penjualan Smartphone Anjlok Dihantam Virus Corona
Ilustrasi/Net
rmol news logo Banyak perusahaan yang terpaksa tutup atau menunda operasionalnya akibat wabah virus corona.

Dengan diberlakukannya menyetopan penerbangan dari dan ke China, aktivitas produksi pun kena imbasnya. Apalagi vendor smathphone sangat bergantung kepada China.

Analisis dari TrenForce mengatakan, wabah virus corona memiliki dampak negatif yang sangat besar untuk industri smartphone secara keseluruhan.

Mengutip Ubergizmo, Kamis (20/2), analisis itu mengatakan produksi smartphone menurun 12 persen pada kuartal ini menjadi hanya sekitar 1.381 miliar unit.

Salah satu pembuat smartphone yang berbasis di China adalah Huawei yang juga merupakan pembuatan smartphone terbesar di dunia.

Huawei menjadi salah satu yang paling terpukul akibat jatuhnya penjualan ponsel pintar China pada kuartal pertama 2020 karena wabah virus corona.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh periset industri Counterpoint pada hari Kamis lalu (13/2), di mana lembaga asal Hong Kong itu memangkas perkiraan penjualan untuk pasar terbesar di dunia.

“Secara keseluruhan, industri akan sangat terdampak bulan Maret,” ujar Tom Kang, Direktur Riset Counterpoint Research. “Namun, mungkin butuh dua bulan lagi untuk kegiatan perdagangan di China untuk sepenuhnya kembali normal.” rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA