Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perdana Menteri Lesotho Thomas Thabane Jalani Sidang Pembunuhan Isterinya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 21 Februari 2020, 10:50 WIB
Perdana Menteri Lesotho Thomas Thabane Jalani Sidang Pembunuhan Isterinya
Perdana Menteri Lesotho, Thomas Thabane/Net
rmol news logo Perdana Menteri Lesotho, Thomas Thabane (80), akan menjalani sidang kasus pembunuhan istrinya pada hari ini, Jumat (21/2).

Istrinya, Lilopelo Thabane (58), ditembak mati oleh orang tak dikenal pada Juni 2017 lalu atau 2 hari sebelum pelantikannya sebagai perdana menteri. Lokasi kejadian di luar rumah, di pinggiran Ibu Kota Maseru.

"Dia sudah sepakat bilang ke pengacaranya, bahwa dia akan hadir (di pengadilan). Dia akan didakwa atas kasus pembunuhan," kata wakil kepala kepolisian Lesotho, Paseka Mokete, mengutip laman AFP, Kamis (20/2).

Kasus menyeret istri Thomas yang baru, Maesaiah. Perempuan 42 tahun itu ditangkap pada 4 Februari 2020 dan didakwa atas keterlibatannya dalam pembunuhan Lilopelo setelah sempat buron selama sebulan.

"Dia didakwa dengan kasus pembunuhan bersama delapan orang lainnya di Lesotho dan Afrika Selatan," kata Paseka, saat itu.

Penembakan terjadi saat Thomas Thabane dan Lilopelo Thabane sedang dalam proses perceraian.

Kasus penembakan yang menewaskan istri perdana menteri itu mengguncang kerajaan pegunungan Lesotho. Lesotho merupakan negara kecil di Afrika Selatan.

"Pengadilan akan membuktikan, dia (Maesaiah) memang tidak berada di lokasi penembakan, tetapi dia punya andil atas kejahatan ini," kata Mokete.

“Dia telah didakwa dengan pembunuhan bersama dengan delapan orang lainnya yang berada di Lesotho dan Afrika Selatan,” lanjut Mokete. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA