Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berdalih Cek Medis Ke Afrika, PM Lesotho Batal Hadiri Sidang Pembunuhan Isterinya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 22 Februari 2020, 05:52 WIB
Berdalih Cek Medis Ke Afrika, PM Lesotho Batal Hadiri Sidang  Pembunuhan Isterinya
Thomas Thabane /Net
rmol news logo Perdana Menteri (PM) Lesotho Thomas Thabane tidak hadir di pengadilan dalam kasus kematian istrinya pada Jumat (21/2).

Thabane seharusnya datang di pengadilan pada pukul 9 pagi terkait kematian istrinya Lipolelo Thabane yang ditembak mati pada Juni 2017 dekat rumahnya di ibu kota Maseru, dua hari sebelum Thomas Thabane dilantik sebagai PM.

Namun Thabane tidak hadir di pengadilan hingga pukul 11 siang.

"Saya masih mencoba mengonfirmasi keberadaannya dan apakah dia akan hadir atau tidak di pengadilan. Kami tidak tahu," ungkap Deputi Komisioner Kepolisian Paseka Mokete, melansir AFP, Jumat (21/2).

Sekretaris pribadi Thomas, Thabo Thakalekoala, memberikan informasikan kemudian. Ia mengatakan pria 80 tahun itu tak bisa hadir karena pergi ke Afrika Selatan untuk menjalani pemeriksaan medis.

"Dia tidak bisa hadir di pengadilan, dia pergi ke Afrika Selatan untuk pemeriksaan medis," ujar Thabo, menjelaskan kepergian Thomas adalah untuk menjalani pemeriksaan medis rutin, dikutip dari AFP

Thabo menambahkan, perdana menteri berangkat ke Afrika Selatan pada Kamis (20/2), hari yang sama saat kepolisian mengumumkan dia akan hadir di pengadilan untuk mengikuti pembacaan dakwaan.

Thomas diseret ke pengadilan atas tuduhan keterlibatannya dalam pembunuhan sang istri, Lilopelo Thabane (58), pada Juni 2017.

Istri Thabane yang sekarang, Maesaiah Thabane, telah didakwa memerintahkan pembunuhan Lipolelo. Kini Maesaiah keluar dari tahanan dengan jaminan.

Kasus pembunuhan cinta segitiga itu mengejutkan kerajaan Afrika Selatan,  negara pegunungan dengan penduduk 2 juta jiwa.

Negara itu memiliki sejarah panjang ketidakstabilan politik.

PM Thomas Thabane menyatakan dia akan mundur pada akhir Juli tapi tidak menyebut alasannya adalah kematian istrinya. Dia hanya menyebut masalah umur.

Maesaiah dan Thomas Thabane menikah dua bulan setelah pembunuhan Lipolelo. Keduanya menyangkal terlibat dalam pembunuhan itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA