Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bernie Sanders Klaim Kemenangan Di Kaukus Nevada

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 23 Februari 2020, 10:42 WIB
Bernie Sanders Klaim Kemenangan Di Kaukus Nevada
Bernie Sanders/Net
rmol news logo Pemilihan Presiden Amerika Serikat semakin di depan mata. Bakal calon presiden Partai Demokrat sendiri sudah mulai terlihat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Setidaknya senator dari Vermont, Bernie Sanders, sudah bisa sedikit bernapas lega. Setelah aksi kejar-kejaran di kaukus Iowa dan New Hampshire dengan Walikota South Bend, Pete Buttigieg, sepertinya Sanders akan menang telak di kaukus Nevada.

Dari perhitungan suara yang dilakukan oleh AP, Bernie Sanders telah memperoleh 54,2 persen suara. Di bawahnya ada mantan Presiden Joe Biden dengan 18 persen suara dan Senator Elizabeth Warren dengan 10 persen suara. Untuk Buttigieg sendiri saat ini masih berada di posisi ke empat dengan 8,7 persen.

Kendati proses perhitungan suara masih berlangsung, namun Sanders sudah berada jauh dari rival-rivalnya dan tidak mungkin terkejar.

Dengan jumawa, dalam rapat umum di San Antonio pada Sabtu malam (22/2), Sanders pun menyatakan kemenangannya.

"Kami memenangkan suara populer di Iowa, kami memenangkan primer New Hampshire, dan menurut tiga jaringan dan AP, kami sekarang telah memenangkan kaukus Nevada," kata Sanders.

"Kami telah mengumpulkan koalisi multi generasi, multi rasial, yang tidak hanya akan menang di Nevada, itu akan menyapu negara ini," lanjutnya.

Dalam kaukus Iowa, Sanders kalah tipis dengan Buttigieg dengan perbedaan 0,1 persen suara. Sementara di primary New Hampshire, Sanders unggul tipis dengan Buttigieg yang terpaut 1,7 persen suara.

Di samping Nevada, voting juga telah dimulai di Texas.

"Kami akan memenangkan pemilihan utama Demokrat di Texas," tegas Sanders seperti dimuat The Guardian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA