Korsel Geram, Israel Tiba-tiba Larang Warganya Masuk Karena Khawatir Virus Corona

Minggu, 23 Februari 2020, 14:56 WIB
Laporan: Amelia Fitriani

Warga Korea Selatan menggunakan masker di tempat umum untuk menghindari penularan virus corona/Time

Pemerintah Korea Selatan mengajukan keluhan kepada Israel karena secara tiba-tiba melarang warga negara Korea Selatan masuk ke negara tersebut. Larangan itu dibuat di tengah melonjaknya kasus penyebaran virus corona di negeri ginseng tersebut.

Keluhan itu dilayangkan pemerintah Korea Selatan pada Minggu (23/2) setelah sehari sebelumnya, Israel menolak untuk mengizinkan sekitar 200 orang asing untuk memasuki negara itu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Ratusan warga negara Korea Selatan itu dilarang masuk setelah mereka mendarat di Tel Aviv dengan penerbangan Korean Air.

Dikabarkan kantor berita Korea Selatan, Yonhap, tindakan itu dilakukan ketika warga Korea Selatan yang baru-baru ini melakukan ziarah ke Israel diketahui telah terinfeksi virus corona atau dikenal juga dengan nama resminya, Covid-19.

Mengetahui hal tersebut, Kementerian Luar Negeri Korea Selatan segera menghubungi pemerintah Israel dan memintanya untuk mengizinkan mereka masuk.

Namun pihak berwenang Israel menolak permintaan itu dan memaksa ratusan warga Korea Selatan itu untuk kembali ke Bandara Internasional Incheon dengan pesawat KE957.

Pihak Kementerian Luar Negeri Korea Selatan geram dan menyatakan penyesalan atas tindakan Israel, serta menuntut agar insiden seperti itu tidak terjadi lagi.

Sementara itu, pihak berwenang Israel menjelaskan bahwa langkah tersebut terpaksa diambil demi menghindari penyebaran virus corona.

Kolom Komentar


Video

SARI MADJID: Ketika Seni | Puisi Hari Ini

Selasa, 07 April 2020
Video

Warung Makar Lieus Sungkharisma Bagi-bagi Makanan Untuk Ojol

Selasa, 07 April 2020
Video

Kisah Perjuangan Sembuh Pasien Positif Corona di Merauke

Selasa, 07 April 2020