Bulan Depan, Rusia-Turki-Jerman-Prancis Adakan KTT Konflik Suriah

Minggu, 23 Februari 2020, 15:51 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dan Presiden Prancis Emmanuel Macron/Net

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan pertemuan puncak untuk menghentikan konflik kekerasan di Suriah.

Sabtu (22/2), Erdogan mengatakan akan mengadakan pertemuan puncak (KTT) dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Kanselir Jerman Angela Merkel pada 5 Maret.

Pengumuman tersebut datang setelah Macron dan Merkel menyerukan agar bisa bertemu secara empat pihak dalam panggilan telepon bersama Putin.

"Kami akan berkumpul bersama pada 5 Maret dan membahas masalah-masalah ini," kata Erdogan dalam pidato yang disiarkan televisi seperti dimuat CGTN.

Sebelumnya Erdogan sendiri diketahui telah melakukan panggilan telepon dengan Putin dan teleconference dengan Macron dan Merkel.

Di kesempatan berbeda Erdogan juga mengkonfirmasi bahwa Macron dan Merkel mengusulkan KTT dilaksanakan di Istanbul. Namun pihak Putin belum memberikan tanggapan.

Dalam beberapa bulan terakhir, pasukan Suriah yang dipimpin oleh rezim Bashar al-Assad telah melakukan serangan yang menargetkan para pemberontak di Provinsi Idlib. Akibat konflik ini, hampir satu juta warga sipil melarikan diri.

Tidak hanya itu, serangan yang didukung oleh Rusia itu juga telah merenggut korban jiwa dari tentara Turki yang ditempatkan di pos-pos observatorium yang telah disepakati di sana.

Kolom Komentar


Video

Darurat Corona, Dr. Tirta: Ini Saatnya Karantina Wilayah Per Provinsi

Sabtu, 28 Maret 2020
Video

Darurat Corona! Pasien Ini Ciptakan Lagu Nge-Rap Setelah Sembuh Dari Covid-19

Minggu, 29 Maret 2020