Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Dewan HAM, Menlu Retno Bahas Corona Hingga Rencana Perdamaian Ala Trump

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 25 Februari 2020, 12:39 WIB
Di Dewan HAM, Menlu Retno Bahas Corona Hingga Rencana Perdamaian Ala Trump
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di hadapan Dewan HAM PBB/Kemlu
rmol news logo Sidang Dewan HAM PBB atau High Level Segment of the Human Rights Council dibuka di Markas Besar PBB, Jenewa, Swiss, pada Senin (24/2) .

Di sela-sela sidang, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memanfaatkannya dengan melakukan 9 pertemuan bilateral dengan berbagai negara. Di antaranya pertemuan dengan Belanda, Swedia, Palestina, Denmark, Ukraina, Arab Saudi, Norwegia, hingga Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dan Komisioner Tinggi HAM Michelle Bachelet.

Dalam pertemuan-pertemuan tersebut, ada beberapa agenda utama yang menjadi pembahasan. Mulai dari isu rencana perdamaian di Timur Tengah yang digagas oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump hingga merebaknya wabah virus corona baru (Covid-19) yang menjadi perhatian dunia.

Sesuai dengan keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri pada Selasa (25/2), pertama, Retno menekankan pentingnya kerja sama ekonomi di tengah melambatnya pertumbuhan akibat berbagai isu, termasuk wabah Covid-19.

Di mana saat ini, Indonesia tengah berusaha untuk menembus pasar-pasar non-tradisional dan berbagai proyek kerja sama ekonomi.

Kedua, perihal rencana perdamaian di Timur Tengah yang digagas oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Retno menegaskan kembali pentingnya dukungan semua negara atas proses perundingan dengan prinsip two state solution.

“Ketiga, pemberdayaan peran perempuan dalam perdamaian. Dengan sahabat saya Menlu Swedia dan Norwegia, sesama Menlu perempuan, saya secara khusus membahas pemberdayaan perempuan dalam mendorong perdamaian dan toleransi," lanjut Retno.

Karena Indonesia tidak hanya mendorong kontribusi perempuan dalam perdamaian hanya di tingkat nasional, maka dibentuklah Southeast Asia Network of Woman Peace Negotiations and Mediators dan Indonesia-Afghanistan Women Networks yang masing-masing akan diluncurkan pada Juni dan Maret 2020.

Isu mengenai penyelesaian konflik di Rakhine State juga tidak ketinggalan. Dalam pertemuan dengan Bachelet, Komisioner Tinggi HAM itu mengapresiasi peranan pemerintah Indonesia untuk mendorong perdamaian di Rakhine State.

High Level Segment Dewan HAM sendiri merupakan pertemuan puncak Dewan HAM PBB yang dihadiri oleh delegasi setingkat kepala negara dan menteri. Rangkaian Sidang Dewan HAM yang dimulai pada 24 Februari 2020 akan berakhir pada tanggal 20 Maret 2020. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA