Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bentrokan Saat Kunjungan Trump Renggut 7 Nyawa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 25 Februari 2020, 16:37 WIB
Bentrokan Saat Kunjungan Trump Renggut 7 Nyawa
Unjuk rasa di India/Net
rmol news logo Setidaknya tujuh orang meninggal dunia dan lebih dari 150 lainnya terluka dalam bentrokan yang terjadi di New Delhi, India, pada Selasa (25/2).

Bentrokan sendiri terjadi di distrik bagian timur New Delhi ketika unjuk rasa penolakan Undang-Undang (UU) Kewarganegaraan baru yang mulai terjadi sejak dua bulan lalu terjadi.

"Tujuh orang, termasuk satu kepala polisi Delhi, telah meninggal," kata seorang perwira polisi, Anil Mittal, seperti dimuat Reuters.
Pada saat bentrokan, polisi menggunakan gas air mata hingga granat asap untuk membubarkan pengunjuk rasa yang dibalas dengan lemparan batu dan bom molotov.

Akibat dari insiden ini, sekolah-sekolah dan setidaknya lima stasiun metro ditutup.

Dari keterangan seorang pejabat departemen pemadam kebakaran, ada setidaknya delapan kasus kebakaran yang berbeda terkait dengan unjuk rasa. Sebuah mobil pemadam kebakaran bahkan ikut menjadi sasaran amuk masa.

Pada hari yang sama, Presiden Amerika Serikat Donald Trump memulai kunjungan perdananya ke India. Trump dijadwalkan akan berada di India selama 36 jam untuk bersafari ke beberapa lokasi.

Unjuk rasa pun semakin menjadi-jadi ketika Trump memberikan pidatonya di hadapan lebih dari 100.000 orang di negara bagian Gujarat. Dalam pidatonya, Trump memuji India sebagai negara toleran.

Dianggap berbanding terbalik dengan UU Kewarganegaraan baru yang mendiskriminasi minoritas muslim.

"India adalah negara yang dengan bangga merangkul kebebasan, hak individu, supremasi hukum dan martabat setiap manusia. Persatuanmu adalah inspirasi bagi dunia," ujar Trump. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA