AS Minta Warganya Bersiap Hadapi Wabah Corona

Rabu, 26 Februari 2020, 08:40 WIB
Laporan: Sarah Meiliana Gunawan

Pasien corona/Net

Pemerintah Amerika Serikat, melalui Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memberi peringatan kepada warganya untuk mempersiapkan diri menghadapi wabah virus corona (Covid-19).

Peringatan tersebut diberikan melihat banyakna negara-negara lain yang telah terinfeksi corona. Di mana selama ini AS hanya memfokuskan pembatasan aliran keluar-masuk dari China daratan semata.

"Data selama sepekan terakhir tentang penyebaran di negara-negara lain telah meningkatkan tingkat kekhawatiran dan perkiraan kami bahwa komunitas akan menyebar di sini," ujar Kepala Penyakit Pernapasan CDC, Dr. Nancy Massonnier pada Selasa (25/2) seperti dimuat Reuters.

Pertanyaan untuk saat ini hanyalah kapan dan seberapa parah wabah itu di AS, katanya.

Wabah mungkin akan mengganggu kehidupan sehari-hari, mulai dari bisnis, sekolah, hingga keluarga. Oleh karena itu, Messonnier menyerukan agar warga Amerika bisa mempersiapkan hal ini.

Secara terpisah, Menteri Kesehatan dan Layanan Masyarakat (HHS), Alex Azar, meminta kepada subkomite Senat untuk menyetujui dana 2,5 miliar dolar AS untuk melawan wabah.

"Sementara risiko langsung untuk anggota individu masyarakat Amerika tetap rendah, sekarang ada transmisi komunitas di sejumlah negara, termasuk di luar Asia, yang sangat memprihatinkan," kata Azar.

Dianggap belum terkena wabah, ternyata pasar saham AS sudah terdampak. Tampaknya para investor khawatir wabah akan menyebar di sana. Alhasil, epidemi ini semakin merusak ekonomi dunia yang sebelumnya sudah melambat.

Kolom Komentar


Video

Darurat Corona, Dr. Tirta: Ini Saatnya Karantina Wilayah Per Provinsi

Sabtu, 28 Maret 2020
Video

Darurat Corona! Pasien Ini Ciptakan Lagu Nge-Rap Setelah Sembuh Dari Covid-19

Minggu, 29 Maret 2020