Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Memaknai Strategi Politik Mahathir, Analis: Kursi PM Tak Akan Dibiarkan Jatuh Kepada Anwar Ibrahim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 27 Februari 2020, 01:32 WIB
Memaknai Strategi Politik Mahathir, Analis: Kursi PM Tak Akan Dibiarkan Jatuh Kepada Anwar Ibrahim
Anwar Ibrahim dan Mahathir/Net
rmol news logo Di tengah polemik pengunduran diri sebagai Perdana Menteri hingga berujung jabatan Perdana Menteri Sementara, pengaruh Mahathir Mohamad di Negeri Jiran Malaysia makin menguat.

Bahkan, Tun Mahathir kini telah berperan sebagai sosok sentral sebagai penentu pembentukan pemerintahan Malaysia berikutnya.

Menurut Assoc Prof Ahmad Martadha Mohamed dari Universiti Utara Malaysia, Mahathir merupakan kingmaker yang menjadi satu-satunya orang yang bertanggung jawab memetakan nasib politik Malaysia

“Tun Mahathir mengundurkan diri sebagai PM dan Ketum Bersatu meninggalkan PH, berarti dia tidak lagi bertanggung jawab kepada Pakatan Harapan. Tidak ada lagi pakta suksesi, tidak ada yang bisa memaksanya ke dalam perjanjian suksesi. Dia dapat memulai dari awal lagi dan memetakan nasib Malaysia," kata Assoc Prof Ahmad Martadha dilansir CNA, Rabu (26/2).

Melalui pengalaman dan kemampuannya, kini Mahathir telah dinilai publik Malaysia sebagai pemimpin yang memiliki kemampuan mumpuni. Hal itulah yang mendasari banyaknya dukungan publik kepadanya.

"Dengan kondisi ekonomi dan penyebaran COVID-19, Malaysia membutuhkan pemimpin yang cakap, dan semua orang mengatakan Tun adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu," jelas dosen Universiti Utara Malaysia tersebut.

Hal senada juga disampaikan Senior Fellow dari Singapore Institute of International Affairs, Dr Oh Ei Sun. Ia mengatakan, pengunduran diri Mahathir sebagai perdana menteri justru makin menguatkan posisi Mahathir.

"Dia menikmati dukungan dari semua pihak. Dia adalah perekat bagi kedua koalisi untuk bekerja sehingga peluang baginya untuk terus berlanjut sebagai perdana menteri sangat tinggi," jelas Dr Oh.

Di sisi lain, Direktur Asia Institute Tasmania di Universitas Tasmania, Profesor James Chin menyebut bahwa pengunduran diri Mahathir adalah strategi agar takhta PM tak jatuh kepada Presiden PKR, Anwar Ibrahim.

“Anwar tidak akan menjadi perdana menteri tahun ini atau tahun depan, dan mungkin akan kehilangan kesempatannya untuk menjadi perdana menteri di masa depan juga. Selama Mahathir yang bertanggung jawab, dia akan mencoba untuk menyerahkan posisi perdana menteri kepada orang lain," kata Prof Chin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA