Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertama Kali Dalam Sejarah Gereja Rumania Mengubah Kebiasaannya Karena Wabah Virus Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 29 Februari 2020, 11:24 WIB
Pertama Kali Dalam Sejarah Gereja Rumania Mengubah Kebiasaannya Karena Wabah Virus Corona
Sebuah Kastil Di Rumania/Net
rmol news logo Rumania mencatat dua kasus baru virus corona. Sehingga, kini total kasus di negara itu menjadi tiga. Semua kasus sejauh ini terhubung ke Italia, tempat wabah penyakit terburuk di Eropa.

Terkait penyebaran virus corona yang mulai memasuki Rumania, Gereja Ortodoks Rumania mengambil keputusan yang 'luar biasa' . Keputusan ini belum pernah terjadi.

Mereka menasihati para jemaatnya untuk meninggalkan gereja jika mereka memiliki gejala tersebut, dan sebaiknya menghindari mencium ikon, hindari bersalaman, serta tidak cipika-cipiki.

Rumania terkenal dengan penganut Gereka Ortodoks. Dalam sejarahnya, Gereja Ortodoks, lembaga konservatif,  tidak menyetujui adanya penyimpangan dari tradisi yag biasa mereka lakukan. Itu sebabnya keputusan ini dinilai luar biasa.

"Mereka yang takut sakit untuk sementara waktu dapat menghindari mencium ikon di gereja, tetapi mereka bisa mencium ikon di rumah mereka sendiri," kata Gereja, melansir The News, Sabtu (29/2).

Mereka juga dipersilakan membawa dan menggunakan sendok sendiri saat Perjamuan Kudus dan tidak membagikannya seperti biasanya. Selain itu, mereka yang terlalu sakit untuk datang ke misa disarankan untuk minum air suci, yang disimpan dalam botol sejak Epifani pada awal Januari.

Beberapa ahli mengatakan pengumuman yang disampaikan pada hari Jumat itu dapat memicu reaksi dari tradisionalis, meskipun keadaan luar biasa.

Sementara, menurut Uskup Agung Bucharest Aurel Perca, minoritas Katolik di negara itu - yang berjumlah 4,6 persen dari populasi - juga telah disarankan untuk menghindari menyentuh kolam air suci dan berjabatan tangan selama misa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA