Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tarik 13.000 Tentaranya, AS Akan Bebaskan 5.000 Tahanan Taliban Pada Pekan Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 02 Maret 2020, 12:41 WIB
Tarik 13.000 Tentaranya, AS Akan Bebaskan 5.000 Tahanan Taliban Pada Pekan Depan
Tentara Taliban/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) mulai menjalankan kesepakatan damai yang telah ditandatangani bersama dengan Taliban pada Sabtu (29/2).

Sesuai dengan kesepakatan, AS akan membebaskan tahanan Taliban yang berjumlah hingga 5.000 orang dan akan mulai menghapus sanksi ekonomi terhadap para pemimpin organisasi tersebut.

Lebih lanjut, dalam dokumen empat halaman tersebut juga disebutkan, AS akan memindahkan 13.000 tentaranya dari Afganistan dalam 14 bulan ke depan.

"Amerika Serikat berkomitmen untuk segera mulai bekerja dengan semua pihak yang relevan pada rencana untuk segera membebaskan tahanan dan tahanan politik sebagai langkah membangun kepercayaan dengan koordinasi dan persetujuan dari semua pihak yang relevan," bunyi kesepakatan damai tersebut.

Berdasarkan kesepakatan, sebanyak hingga 5.000 tahanan Taliban dan hingga 1.000 tahanan dari pihak lain akan dibebaskan pada Selasa (10/3).

Dimuat Washington Times, sebagai imbalan atas pembebasan tahanan, pencabutan sanksi, dan pemindahan pasukan AS, Taliban telah sepakat untuk secara permanen memutuskan semua hubungan dengan kelompok-kelompok teroris, seperti Al Qaeda dan tidak pernah membiarkan Afganistan digunakan sebagai markas organisasi ekstrimis.

Lebih lanjut, Taliban juga setuju untuk melakukan pembicaraan resmi dengan pemerintahan Afganistan. Pembicaraan sendiri akan dimulai di Norwegia pada 10 Maret. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA