Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sama-sama Akui Kemenangan Pemilu, Ashraf Ghani Dan Abdullah Abdullah Tunda Upacara Pelantikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 09 Maret 2020, 14:47 WIB
Sama-sama Akui Kemenangan Pemilu, Ashraf Ghani Dan Abdullah Abdullah Tunda Upacara Pelantikan
Ashraf Ghani dan Abdullah Abdullah/Net
rmol news logo Presiden Terpilih Afganistan, Ashraf Ghani, telah menunda upacara pelantikannya. Hal yang sama juga dilakukan oleh saingannya, Abdullah Abdullah.

Penundaan upacara yang dijadwalkan berlangsung pada Senin sore (9/3) tersebut dilakukan guna malakukan dialog terkait sengketa pemilihan pada September lalu.

Kedua pemimpin yang sama-sama menyatakan kemenangannya tersebut juga akan membahas kesepakatan damai yang ditandatangani oleh Amerika Serikat dan Taliban.
"Kami sedang dalam negosiasi serius dengan tim Abdullah sejak tadi malam, dan itu masih berlangsung. Kami berharap dapat mencapai kesepakatan dengan tim Abdullah," ujar seorang pejabat dari kubu Ghani yang tidak ingin disebutkan identitasnya, seperti dimuat Reuters.

Sementara itu, jurubicara Abdullah, Omid Maisam mengatakan, penundaan upacara pelantikan yang dilakukan oleh masing-masing kubu dilakukan setelah utusan AS, Zalmay Khalilzad berusaha mengembalikan pembicaraan antara kedua kubu.

Bulan lalu, Komisi Pemilihan Umum Afganistan mengumumkan Ghani telah memenangkan pemilihan. Tetapi, Abdullah menolak hasil tersebut dan menyatakan dirinya adalah pemenang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA