Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gelar Rakor, KBRI Beijing Godok Strategi Diplomasi Ekonomi Indonesia Pasca Virus Corona-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 12 Maret 2020, 19:58 WIB
Gelar Rakor, KBRI Beijing Godok Strategi Diplomasi Ekonomi Indonesia Pasca Virus Corona-19
Rakor KBRI Beijing dan Kemenlu/Istimewa
rmol news logo Menyikapi wabah virus corona atau Covid-19, KBRI Beijing dan Ditjen Asia Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri menggelar rapat koordinasi (Rakor) dan video conference mengenai penajaman diplomasi ekonomi dan promosi tourism, trade and investment (TTI) di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (11/3).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Rakor yang dihadiri sekitar 150 peserta stakeholder dari pemerintah dan swasta itu dibuka oleh Direktur Asia Timur dan Pasifik Kemenlu, Dr. Santo Darmosumarto. Sambutan juga turut disampaikan Duta Besar RI Beijing, Djauhari Oratmangun yang disampaikan melalui video presentation.

Menurutnya, Indonesia perlu menyusun langkah strategis dan taktis untuk bertindak meningkatkan nilai TTI RI-RRT di tahun 2020, segera setelah China kembali normal pasca Covid-19.

"China sebagai ekonomi terbesar kedua dunia dan mitra utama Indonesia memiliki potensi kerja sama ekonomi yang perlu terus di-manage di tengah persaingan ekonomi dunia yang tidak menentu dan secara khusus berlangsungnya pandemik Covid-19 di berbagai belahan dunia," tutur Duta Besar RI Beijing, Djauhari Oratmangun dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Kamis (12/3).

Rakor secara komprehensif membahas berbagai peluang dan tantangan kerja sama TTI dengan China.

Dalam Rakor tersebut, disepakati bahwa China tetap jadi pasar utama bagi Indonesia. Kemudian beberapa hal juga disoroti, antara lain peluang-peluang bisnis dan investasi, relaksasi kebijakan perjalanan, kemudahan logistik, eksportasi produk bernilai tambah maupun strategi recovery promosi pariwisata di China.

Rakor tersebut juga turut dihadiri oleh Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Beijing; Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Beijing; Atase Perdagangan KBRI Beijing; Ketua Indonesia-China Chamber of Commerce (INACHAM); dan Wakil Ketua KADIN Komite China. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA