Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Inilah Azan Paling Memilukan Di Kuwait Setelah Pemberlakuan Lockdown Dan Ibadah Di Rumah Masing-masing

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 14 Maret 2020, 15:24 WIB
Inilah Azan Paling Memilukan Di Kuwait Setelah Pemberlakuan Lockdown  Dan Ibadah Di Rumah Masing-masing
Ilustrasi Masjid Di Kuwait/Net
rmol news logo Ini adalah kumandang azan dengan nada yang paling memilukan. Suara kumandang azan yang bergetar dari salah satu masjid di Kuwait itu menjadi sorotan dunia.

Suara azan dengan nada menyayat itu terdengar dari Masjid Al Kabir, Kuwait pada Jumat kemarin. Azan yang dikumandangkan oleh imam Masjid Al Kabir benar-benar menyayat hati karena dikumandangkan sembari menangis tersedu.

Jumat kemarin, mestinya umat Muslim berbondong-bondong melaksanakan ibadah sholat Jumat. Namun, sejak diberlakukannya isolasi dan pelarangan pertemuan massal, ibadah bersama, dan aktivitas berkumpul, terkait wabah virus corona, maka masjid itu menjadi sunyi.  

Di Kuwait, muazin tidak lagi menyerukan ajakan salat berjemaah di masjid.

Suaranya terdengar parau dan tersendat saat menyerukan kalimat  ‘al-salatu fi buyutikum’ (salatlah di rumahmu), yang menggantikan kalimat ‘hayya alash shalah’ (marilah salat).

Kementerian Urusan Wakaf dan Urusan Islam Kuwait mengumumkan pada hari Jumat bahwa salat lima waktu yang biasanya diadakan di masjid telah dibatalkan. Di negara ini tercatat sudah lebih dari 100 orang positif corona.

Kebijakan otoritas agama di Kuwait mulai berlaku beberapa hari lalu yang meminta umat Islam untuk berdoa di rumah. Kebijakan ini lahir di tengah persiapan Uni Emirat Arab melakukan lockdown, dalam melawan penyebaran wabah virus corona baru.

"Pintu-pintu masjid akan ditutup sebagai upaya pencegahan penularan," kata Kementerian Agama Kuwait dalam sebuah pernyataan resmi, mengutip Reuters.

"Fatwa itu menghilangkan kebutuhan untuk menghadiri salat pada hari Jumat di masjid-masjid, dan mengizinkan mereka di rumah, untuk melindungi orang-orang dari virus corona."

Kuwait mengonfirmasi 20 kasus baru dalam 24 jam terakhir, melaporkan total 100 hingga Jumat, kata kantor berita negara KUNA. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA